PENGEMBANGAN PERILAKU KEMANDIRIAN ANAK MELALUIKEGIATAN PEMBIASAAN PADA KELOMPOK B DI TAMANKANAK-KANAK GOWATA KABUPATEN GOWA

AYU ISTIQAMAH HUSAIN (2023) PENGEMBANGAN PERILAKU KEMANDIRIAN ANAK MELALUIKEGIATAN PEMBIASAAN PADA KELOMPOK B DI TAMANKANAK-KANAK GOWATA KABUPATEN GOWA.

[img] Text
AYU ISTIQAMAH HUSAIN.pdf

Download (12MB)

Abstract

Ayu Istiqamah Husain, 2018. Pengembangan Perilaku Kemandirian Anak Melalui Kegiatan Pembiasaan Pada Kelompok B Di Taman Kanak-Kanak Gowata Kabupaten Gowa. Skripsi. Dibimbing oleh Arifin Manggau, S.Pd, M.Pd dan Dr. Muhammad Akil Musi, S.Pd, M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana pengembangan perilaku kemandirian anak melalui kegiatan pembiasaan rutin dan teladan pada kelompok B?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan perilaku kemandirian anak melalui kegiatan pembiasaan rutin dan teladan pada kelompok B. Bentuk-bentuk kegiatan pembiasaan yaitu kegiatan rutin, kegiatan spontan, kegiatan teladan/contoh, dan kegiatan terprogram. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Adapun subjek penelitian yaitu Taman Kanak-kanak Gowata pada kelompok B dengan jumlah anak didik 23 orang dan 1 orang guru. Fokus penelitian ini pengembangan perilaku kemandirian anak dan kegiatan pembiasaan dengan cara pembiasaan kegiatan rutin dan kegiatan teladan/contoh. Prosedur penelitian ini dilakukan dengan 3 cara yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian mengenai pengembangan perilaku kemandirian anak melalui kegiatan pembiasaan di Taman Kanak-kanak Gowata Kabupaten Gowa menunjukkan bahwa melalui kegiatan pembiasaan dapat mengembangkan perilaku kemandirian anak. Dengan kegiatan pembiasaan tersebut, maka seorang guru dapat mengetahui secara langsung dan melihat gambaran terhadap perilaku kemandirian yang dimiliki oleh anak didik. Bisa dilihat ada anak yang masih perlu bimbingan dan arahan dari guru serta adapula anak yang memang belum bisa melakukan perintah guru dan ada juga anak yang sudah mandiri dalam melaksanakan perintah dari guru untuk mencapai indikator dalam pengembangan perilaku kemandirian anak.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 06 Feb 2023 01:47
Last Modified: 06 Feb 2023 01:47
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/27045

Actions (login required)

View Item View Item