MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR MELALUI KEGIATAN BERMAIN BOLA PADA ANAK TAMAN KANAK-KANAK AISIYAH BUSTANUL ATHFAL MAKASSAR

SITI AMINAH WIJAYANTI (2023) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR MELALUI KEGIATAN BERMAIN BOLA PADA ANAK TAMAN KANAK-KANAK AISIYAH BUSTANUL ATHFAL MAKASSAR.

[img] Text
JURNAL.pdf

Download (127kB)

Abstract

Masalah penilitian ini adalah rendahnya kemampuan motorik kasar anak kelompok B di Taman Kanak-kanak Aisyiah Bustanul Athfal kota Makassar. Rumusan Masalah pada penelitian ini adalah Bagaimanakah kegiatan bermain bola dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar pada anak kelompok B di Taman Kanak-kanak Aisyiah Bustanul Athfal kota Makassar. Tujuan Penelitian untuk mengetahui kegiatan bermain bola dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar pada anak di Taman Kanak-kanak pada anak kelompok B. penelitian ini menggunakan pendekatan tindakan kelas danjenis penelitian PTK (kualitatif). Fokus Penelitian ini adalah bermain kegiatan bermain bola dan kemampuan motorik kasar anak. Setting dan subjek penelitian yaitu penelitian dilaksanakan di Taman Kanak-kanak Aisiyah Bustanul Athfal kota Makassar, beralamatkan di jalan tamalate 1 kelurahan Bonto Makkio Kecamatan,Rappocini, dan yang menjadi subjek penelitian adalah anak didik pada kelompok B dengan jumlah anak 19 orang dan 1 orang guru. Rencana tindakan penelitian terdiri dari empat kegiatan yaitu perencanaan, pelaksanaan, Pengamatan, refleksi. Teknik pengumpulan data yaitu dengan cara observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah pengumpulan data, reduksi data, peyadian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan bermain bola merupakan kegiatan yang dilakukan oleh anak secara berulang-ulang, dan semata-mata untuk kesenangan tanpa ada tujuan atau sasaran yang ingin dicapai. Dengan adanya kegiatan bermain bola yang dilaksanakan dengan dua siklus maka keterampilan motorik kasar anak akan berkembang dan otot-otot besar anak menjadi lentur. Siklus I belum terlaksana dengan baik, karena kemampuan motorik kasar anak baru 5 orang yang meningkat, sedangkan siklus II sudah terlaksana dengan baik karena kemampuan motorik kasar anak sudah 10 orang anak yang meningkat dan yang belum meningkat masih perlu perhatian supaya meningkat seperti temannya yang lain. Dengan demikian kemampuan motorik kasar anak di Taman Kanak-kanak Aisiyah Bustanul Athfal dapat meningkat setelah menggunakan metode pendekatan tindakan kelas (PTK). Kata Kunci: Kemampuan motorik kasar anak usia dini, kegiatan bermain bola anak usia dini.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 06 Feb 2023 01:17
Last Modified: 06 Feb 2023 01:17
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/27040

Actions (login required)

View Item View Item