PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VISUAL TERHADAP MINAT BELAJAR ANAK DI KELOMPOK B1 TAMAN KANAK-KANAK NUSA KOTA MAKASSAR

Miftah Nur Khalisah. (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VISUAL TERHADAP MINAT BELAJAR ANAK DI KELOMPOK B1 TAMAN KANAK-KANAK NUSA KOTA MAKASSAR.

[img] Text
Jurnal.pdf

Download (206kB)

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah gambaran minat belajar anak sebelum dan sesudah penggunaan media visual di Kelompok B1 Taman Kanak-Kanak Nusa Kota Makassar ?. Bagaimanakah pengaruh penggunaan media visual terhadap minat belajar anak di Kelompok B1 Taman Kanak-Kanak Nusa Kota Makassar ?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran minat belajar anak sebelum dan sesudah penggunaan media visual di Kelompok B1 Taman Kanak-Kanak Nusa Kota Makassar. Untuk mengetahui pengaruh media visual terhadap minat belajar anak di Kelompok B1 Taman Kanak-Kanak Nusa Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-eksperimental design. Adapun desain penelitiannya yaitu one group pretest-posttest design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 10 orang anak. teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan statistik nonparametrik dengan menggunakan uji beda Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan nilai rata-rata minat belajar anak sebelum dan setelah diberikan perlakuan. Hal tersebut menunjukkan ada pengaruh penggunaan media visual terhadap minat belajar anak di kelompok B1 Taman Kanak-Kanak Nusa Kota Makassar Kata kunci : media pembelajaran, media visual, minat belajar anak

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 06 Feb 2023 01:09
Last Modified: 06 Feb 2023 01:09
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/27039

Actions (login required)

View Item View Item