PENINGKATAN KREATIVITAS ANAK MELALUI METODE DEMONSTRASI MENGGUNAKAN BAHAN BEKAS DI KELOMPOK B1TAMAN KANAK-KANAK ADILIKA MAKASSAR

Elfiani (2023) PENINGKATAN KREATIVITAS ANAK MELALUI METODE DEMONSTRASI MENGGUNAKAN BAHAN BEKAS DI KELOMPOK B1TAMAN KANAK-KANAK ADILIKA MAKASSAR.

[img] Text
JURNAL EPI.pdf

Download (199kB)

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan kreativitas anak melalui metode demonstrasi menggunakan bahan bekas pada kelompok B1 di taman kanak-kanak Adilika Makassar ?. Adapun tujuan penelitian yaitu untuk meningkatkan kreativitas anak melalui metode demonstrasi menggunakan bahan bekas di kelompok B1 taman kanak-kanak Adilika Makassar. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dan jenis penelitian tindakan kelas. Fokus penelitian adalah meningkatkan kreativitas anak melalui metode demonstrasi menggunakan bahan bekas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik obsevasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian di taman kanak-kanak adilika kelompok B1 dengan jumlah anak sebanyak 14 orang. Hasil penelitian menunjukkan dimana siklus I kreativitas anak dalam membuat bentuk matahari dan bintang dari bahan bekas masih rendah dikarenakan guru dalam melakukan metode demonstrasi menggunakan bahan bekas masih belum optimal, akan tetapi pada siklus II anak mampu membuat bentuk awan dan bulan sabit dari bahan bekas dengan lancar dikarenakan guru sudah berupaya memperbaiki kekurangan pada siklus I dengan melakukan metode demonstrasi menggunakan bahan bekas dengan baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan kreativitas melalui metode demonstrasi menggunakan bahan bekas pada anak kelompok B1 taman kanak-kanak Adilika Makassar dengan empat kali pertemuan dan sudah mencapai target yang telah ditentukan dan mengalami peningkatan dalam empat indikator yang telah ditetapkan sehingga kreativitas anak di kelompok B1 taman kanak-kanak Adilika Makassar meningkat.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 03 Feb 2023 07:28
Last Modified: 03 Feb 2023 07:28
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/27036

Actions (login required)

View Item View Item