MENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI KARTU KATA DAN GAMBAR PADA KELOMPOK B2DI TAMAN KANAK-KANAK TADIKA CERIA BTN KODAM VII WIRABUANA KOTA MAKASSAR

ISMAYANTI MUIS (2023) MENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI KARTU KATA DAN GAMBAR PADA KELOMPOK B2DI TAMAN KANAK-KANAK TADIKA CERIA BTN KODAM VII WIRABUANA KOTA MAKASSAR.

[img] Text
JURNAL ISMA.docx

Download (70kB)

Abstract

ISMAYANTI MUIS, 2018. Meningkatan kemampuan membaca permulaan melalui permainan mencari pasangan kata dan gambar di Taman Kanak-kanak Tadika Ceria BTN Kodam VII Wirabuana Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Azizah Amal, S.S, M.Pd dan Dr.Rusmayadi, M,Pd. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar Masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui kartu kata dan gambar Di Taman Kanak-kanak Tadika Ceria BTN Kodam VII Wirabuana ? Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui kartu kata dan gambar di Taman Kanak-kanak Tadika Ceria BTN Kodam VII Wirabuana kelompok B2.Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan Kualitatif.Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 4 komponen dalam setiap siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah kemampuan membaca permulaan, dan melalui kartu kata dan gambar. Penelitian ini dilakukan 2 siklus yang terdiri dari 2 pertemuan setiap siklusnya. Subjek penelitian adalah kelompok B2 yang berjumlah 8 orang anak didik, yang terdiri dari 3 anak laki-laki dan 5 anak perempuan. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi. Data kemudian di analisis secara kualitatif melalui tahap mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian observasi guru siklus 1 berada pada kategori kurang dan siklus II berada pada kategori baik. Hasil penelitian observasi anak siklus 1 menunjukkan anak mampu mengenal benda dengan menghubungkan satu benda dengan benda lain dan melakukan kegiatan yang menunjukkan anak mampu mengenal benda dengan menghubungkan nama benda dengan tulisan berada pada ketegori mulai berkembang. Hasil penelitian observasi anak siklus 2 menunjukkan anak mampu mengenal benda dengan menghubungkan satu benda dengan benda lain dan melakukan kegiatan yang menunjukkan anak mampu mengenal benda dengan menghubungkan nama benda dengan tulisan berada pada ketegori berkembang sesuai harapan.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 03 Feb 2023 07:18
Last Modified: 03 Feb 2023 07:18
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/27034

Actions (login required)

View Item View Item