PENGARUH METODE GLOBAL MELALUI MEDIA KARTU KATA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK DI KELOMPOK B TAMAN KANAK KANAK ALMIRA KOTA MAKASSAR

Andi Rismawati Pasbal. (2023) PENGARUH METODE GLOBAL MELALUI MEDIA KARTU KATA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK DI KELOMPOK B TAMAN KANAK KANAK ALMIRA KOTA MAKASSAR.

[img] Text
Jurnal_Andi_Rismawati_Pasbal.pdf

Download (151kB)

Abstract

Latar belakang masalah adanya kemampuan membaca permulaan anak yang masih tergolong rendah tanda-tandanya adalah anak belum bisa membaca kalimat sesuai gambar. Tujuan penelitian ini mengetahui perbedaan kemampuan membaca permulaan anak yang diberi perlakuan dengan metode global melalui media kartu kata dengan yang diberi perlakuan dengan metode eja dan mengetahui gambaran kemampuan membaca permulaan anak sebelum dan sesudah perlakuan metode global melalui media kartu kata di kelompok B Taman Kanak-Kanak Almira Kota Makassar serta adanya pengaruh metode global melalui media kartu kata terhadap kemampuan membaca permulaan anak di Kelompok B Taman Kanak-Kanak Almira Kota Makassar. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experiment Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak kelompok B di Taman Kanak-Kanak Almira Kota Makassar. Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah 14 anak dari kelompok B2 7 anak sebagai kelompok eksperimen dan kelompok B1 7 anak sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data berupa tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik nonparametrik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan membaca permulaan anak yang diberi perlakuan metode global melalui media kartu kata berbeda dengan yang diberi perlakuan metode eja, dimana kemampuan kemampuan membaca permulaan pada kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol, ini membuktikan penerapan metode global melalui media kartu kata berpengaruh terhadap kemampuan membaca permulaan anak. Kata Kunci: Metode Global, kartu kata, Kemampuan Membaca Permulaan

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 03 Feb 2023 07:12
Last Modified: 03 Feb 2023 07:12
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/27033

Actions (login required)

View Item View Item