PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI PENGGUNAAN MEDIA DARI BAHAN SISA PADA ANAK DI TAMAN KAKAK-KANAK AISYIYAH MACCINI TENGAH KOTA MAKASSAR

Suci K. (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI PENGGUNAAN MEDIA DARI BAHAN SISA PADA ANAK DI TAMAN KAKAK-KANAK AISYIYAH MACCINI TENGAH KOTA MAKASSAR.

[img] Text
Jurnal.pdf

Download (335kB)

Abstract

Suci K. 2018. Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Penggunaan Media dari Bahan Sisa pada Anak di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Macini Kota Makassar. Skripsi ini dibimbing oleh Dr. Muhammad Yusri Bachtiar, M.Pd selaku pembimbing I dan Dr. Azizah Amal, S.S, M.P.d selaku pembimbing II. Program studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu bagaimana meningkatkan kemampuan motorik halus anak melalui penggunaan media dari bahan sisa pada anak di Taman Kanak-kanak Taman Kanak-kanak Aisyiyah Maccini Tengah Kota Makassar?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan motorik halus anak melalui penggunaan media dari bahan sisa pada anak di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Maccini Tengah Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (class room aktion). Subjek penelitian ini adalah 1 orang guru dan 15 orang anak didik pada kelompok B1 di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Maccini Tengah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif yang terdiri dari reduksi data, penyajikan data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media dari bahan sisa dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak di Taman Kanak-kanak Taman Kanak-kanak Aisyiyah Maccini Tengah Kota Makassar. Hal ini terlihat pada siklus I pada siklus I, aktivitas mengajar guru menggunakan media dari bahan sisa berada pada kategori kurang (62,5%) hal tersebut berdampak pada kemampuan motorik halus anak berada pada kategori berkembang sangat baik hanya (16,7%) sedangkan pada siklus II, aktivitas mengajar guru menggunakan media dari bahan sisa berada pada kategori baik (75%) hal tersebut berdampak pada kemampuan motorik halus anak berada pada kategori berkembang sangat baik (83,4%). Berdasarkan dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa kemampuan motorik halus anak dapat ditingkatkan melalui penggunaan media dari bahan sisa. Kata kunci: Penggunaan media, bahan sisa, dan kemampuan motorik halus anak

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 03 Feb 2023 06:40
Last Modified: 03 Feb 2023 06:40
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/27026

Actions (login required)

View Item View Item