Catur Suci Suryaningsih (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN SAINS MENGGUNAKAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL)PADA ANAK DI TAMAN KANAK-KANAKBRATA UTAMA KOTA PAREPARE.
Text
JURNAL SKRIPSI UCI.pdf Download (270kB) |
Abstract
Tujuan Penelitian untuk mengetahui peningkatan kemampuan sains menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada anak kelompok B. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian tindakan kelas (classroom action research). Fokus penelitian yaitu meningkatkan kemampuan sains anak menggunakan pendekatan contextual teaching and learning. Setting dan subjek penelitian yaitu penelitian dilaksanakan di Taman Kanak-kanak Brata Utama Kota Parepare, beralamatkan di Jalan A.Mappangulung Wisata Jompie’ Kelurahan Bukit Indah Kecamatan Soreang, dan yang menjadi subjek penelitian adalah anak didik pada kelompok B dengan jumlah anak 15 orang dan 1 orang guru. Rancangan tindakan penelitian terdiri dari empat kegiatan yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yaitu dengan cara observasi dan dokumtasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif. Indikator keberhasilan yaitu ketika tujuh puluh lima persen anak sudah mampu melakukan percobaan dengan sendiri dan mampu mengenal benda-benda tenggelam dan terapung, benda padat dan cair, benda larut dan tidak larut, dan mengenal pencampuran warna. Hasil penelitian mengenai Peningkatan Kemampuan Sains Menggunakan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Anak di Taman Kanak-kanak Brata Utama Kota Parepare. Pada siklus I peningkatan kemampuan sains anak masih kurang, dan hasil pada siklus II menunjukkan peningkatan dengan kategori baik. Kata Kunci : Kemampuan Sains, dan Pendekatan Contextual Teaching and Learning
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 03 Feb 2023 05:57 |
Last Modified: | 03 Feb 2023 05:57 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/27018 |
Actions (login required)
View Item |