PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK MELALUI PENGGUNAAN MEDIA ALAM DENGAN BIJI-BIJIAN DI TAMAN KANAK-KANAK ISLAM MASJID TUA KATANGKAKECAMATAN SOMBA OPU KABUPATEN GOWA

WA HAZRINA (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK MELALUI PENGGUNAAN MEDIA ALAM DENGAN BIJI-BIJIAN DI TAMAN KANAK-KANAK ISLAM MASJID TUA KATANGKAKECAMATAN SOMBA OPU KABUPATEN GOWA.

[img] Text
1. sampul.docx

Download (1MB)
[img] Text
2. ISI DAN LAMPIRAN - Copy.docx

Download (121kB)
[img] Text
4. PERSURATAN DAN DOKUMENTASI.docx

Download (2MB)

Abstract

Wa Hazrina, 2018. Peningkatan Kemampuan Berhitung Anak Melalui Penggunaan Media Alam Dengan Biji-Bijian Di Taman Kanak-Kanak Islam Masjid Tua Katangka, Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa. Skripsi dibimbing oleh Dr. Parwoto, M.Pd dan Hajerah, S.Pd.I, M.Pd. Pada program studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berhitung anak. Rumasan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatan kemampuan berhitung anak melalui media bahan alam di Taman Kanak-Kanak Islam Masjid Tua Katangka Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa?. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatkan kemampuan berhitung anak melalui penggunaan media alam kelompok B di Taman Kanak-Kanak Islam Masjid Tua Katangka Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah kelompok B Taman Kanak-Kanak Islam Masjid Tua Katangka, Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa. yaitu satu orang guru dan 15 orang anak didik. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus dan siklus I pada pertemuan satu dan dua yang mendapat kategori BB sebanyak 8 anak, dan yang mendapat nilai MB sebanyak 7 anak, serta yang mendapat kategori BSH belum ada. dan siklus II pertemuan I dan Yang mendapat nilai BB suda tidak ada, dan yang mendapat nilai MB sebanyak 2 anak serta yang mendapat kategori BSH sebanyak 13 anak. Hasil menunjukan bahwa dengan menggunakan media alam maka dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak pada kelompok B di Taman Kanak-Kanak Islam Masjid Tua Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 03 Feb 2023 03:31
Last Modified: 03 Feb 2023 03:31
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/27016

Actions (login required)

View Item View Item