MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN ANAK MELALUI KEGIATAN BERMAIN JARI TANGAN KELOMPOK A DIRAUDATUL ATHFAL (RA) ULIL ALBAB KABUPATEN GOWA

A. AYU SRI RAHAYU NINGSIH (2023) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN ANAK MELALUI KEGIATAN BERMAIN JARI TANGAN KELOMPOK A DIRAUDATUL ATHFAL (RA) ULIL ALBAB KABUPATEN GOWA.

[img] Text
JURNAL SKRIPSI.pdf

Download (189kB)

Abstract

A.Ayu Sri Rahayu Ningsih. 2018. Meningkatan Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Melalui Kegiatan Bermain Jari Tangan Kelompok A di Raudahtul Athfal (RA) Ulil Albab 1 Kabupaten Gowa. Skripsi dibimbing oleh Bapak Herman, S.Pd, M.Pd dan Bapak Dr Rusmayadi,M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah peningkatan kemampuan berhitung permulaan anak kelompok A melalui kegiatan bermain jari tangan. Adapun rumusan masalah adalah, “bagaimana meningkatkan kemampuan berhitung permulaan anak kelompok A melalui kegiatan bermain jari tangan?. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan berhitung permulaan anak melalui kegiatan bermain jari-jari tangan di Raudahtul Athfal Ulil Albab 1 Kabupaten Gowa. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, yakni terdiri dari 4 tahap dalam setiap siklus yaitu : perencanaan, pelaksanakan tindakan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan berhitung permulaan anak kelompok A melalui kegiatan bermain jari tangan di Raudahtul Athfal Ulil Albab 1 Kabupaten Gowa. Penelitian ini dilaksanakan II siklus selama 2 kali pertemuan. subjek penelitian adalah guru kelompok A, yang terdiri atas 10 anak didik, yaitu 5 anak laki-laki dan 5 anak perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian dari siklus I dan siklus II menunjukkan bahwa kemampuan berhitung permulaan anak mengalami peningkatan, hal ini karena perlakuan yang didapat oleh anak saat bermain jari tangan yang membantu proses pembelajaran berhitung permulaan, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kegiatan bermain jari tangan efektif untuk meningkatkan kemampuan berhitung permulaan pada anak kelompok A di Raudahtul Athfal Ulil Albab 1 Kabupaten Gowa. Kata kunci: Berhitung Permulaan, Bermain Jari Tangan

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 03 Feb 2023 03:10
Last Modified: 03 Feb 2023 03:10
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/27012

Actions (login required)

View Item View Item