PENGARUH METODE BERMAIN PERAN TERHADAP KECERDASAN INTERPERSONAL PADA ANAK USIA DINI KELOMPOK B DI TAMAN KANAK-KANAK ASYIYAH KOTA ENREKANG

AYU ANIDA UTAMI (2023) PENGARUH METODE BERMAIN PERAN TERHADAP KECERDASAN INTERPERSONAL PADA ANAK USIA DINI KELOMPOK B DI TAMAN KANAK-KANAK ASYIYAH KOTA ENREKANG.

[img] Text
Junal Pengaruh Metode Bermain peran terhadap kecerdasan interpersonal anak kelompok B di taman kanak-kan~0.pdf

Download (308kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian adalah kurang berkembangnya kecerdasan interpersonal pada anak kelas B di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Kota Enrekang, sehingga peneliti memberikan perlakuan bermain peran untuk melihat apakah bermain peran dapat memberikan pengaruh terhadap kecerdasan interpersonal pada anak. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1.Bagaimana gambaran kecerdasan interpersonal anak pada Taman Kanak-kanak Aisyiyah Kota Enrekang sebelum diberikan perlakukan bermain peran? 2.Bagaimana gambaran kecerdasan interpersonal anak pada Taman Kanak-kanak Aisyiyah Kota Enrekang setelah diberikan perlakukan bermain peran? 3.Apakah terdapat pengaruh bermain peran terhadap kecerdasan interpersonal pada anak?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran kecerdasan interpersonal anakpada Taman Kanak-kanak Aisyiyah Kota Enrekang sebelum diberikan perlakukan bermain peran. Mengetahui gambaran kecerdasan interpersonal anak pada Taman Kanak-kanak Aisyiyah Kota Enrekang setelah diberikan perlakukan bermain peran. Mengetahui pengaruh bermain peran terhadap kecerdasan interpersonal pada anak. Pendekatan penelitian adalah kuantitatif dan Jenis penelitian yang digunakan adalah Pra-Eksperimen.Desain penelitian adalah One Group Pretest-Posttest.Populasi dalam penelitian ini berjumlah 37 anak dan sampel berjumlah 14 anak.Tehnik pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi dan dokumentasi. Tehnik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan statistik nonparametric menggunkan uji beda wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adap erbedaan yang signifikan kecerdasan interpersonal anak sebelum diberi perlakuan dan setelah diberikan perlakuan. Sedangkan pada uji nonparametric diperoleh hasil nilai Z > nilaiZtabe maka Ho ditolak dan H1 diterima artinya ada pengaruh metode bermain peran terhadap kecerdasan interpersonal anak pada kelompok B Taman Kanak-kanakAisyiyah Kota Enrekang. Kata kunci: Kecerdasan Interpersonal,MetodeBermainPeran

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 03 Feb 2023 02:46
Last Modified: 03 Feb 2023 02:46
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/27005

Actions (login required)

View Item View Item