PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK MELALUI METODE BERCERITA MENGGUNAKAN BUKU CERITA BERGAMBAR PADA ANAK KELOMPOK B DI TAMAN KANAK-KANAK ILLIYYIN TOMPOBALANG KABUPATEN GOWA

Hasryanti (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK MELALUI METODE BERCERITA MENGGUNAKAN BUKU CERITA BERGAMBAR PADA ANAK KELOMPOK B DI TAMAN KANAK-KANAK ILLIYYIN TOMPOBALANG KABUPATEN GOWA.

[img] Text
JURNAL SKRIPSI.pdf

Download (307kB)

Abstract

Permasalahan penelitan ini adalah metode yang digunakan guru dalam proses pembelajaran kurang efektif dalam meningkatkan kemampuan berbicara anak sehingga kemampuan berbicara anak rendah. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan kemampuan berbicara anak melalui metode bercerita menggunakan buku cerita bergambar pada anak kelompok B di Taman Kanak-Kanak Illiyyin Tompobalang Kabupaten Gowa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan metode bercerita menggunakan buku cerita bergambar dapat meningkatkan kemampuan berbicara pada anak kelompok B di Taman Kanak-Kanak Illiyyin Tompobalang Kabupaten Gowa. Pendekatan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif. Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Fokus dalam penelitian ini adalah Kemampuan berbicara, metode bercerita menggunakan buku cerita bergambar. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak didik kelompok B dengan jumlah 7 anak laki-laki dan 5 anak perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan bahwa masih terdapat anak yang berada dalam kategori mulai berkembang dan belum berkembang, hal ini menunjukkan hasil pencapaian anak belum maksimal dan perlu dilanjutkan pada siklus kedua. Hasil penelitian pada siklus II menunjukkan bahwa banyak anak yang masuk dalam kategori berkembang sesuai harapan, hasil pencapaian sudah dianggap maksimal. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa terjadi peningkatan dan perkembangan kemampuan berbicara anak didik melalui penerapan metode bercerita menggunakan buku cerita bergambar dari siklus I ke siklus II. Kata kunci: Kemampuan Berbicara,Metode Bercerita Menggunakan Buku Cerrita Bergambar

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 03 Feb 2023 02:30
Last Modified: 03 Feb 2023 02:30
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/27003

Actions (login required)

View Item View Item