PENINGKATAN KEMAMPUAN MAKHORIJUL HURUF MELALUI METODE TILAWATI DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TAMAN KANAK-KANAKISLAM INSAN KAMIL MAKASSAR

RENI CAHYANI (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN MAKHORIJUL HURUF MELALUI METODE TILAWATI DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TAMAN KANAK-KANAKISLAM INSAN KAMIL MAKASSAR.

[img] Text
JURNAL.pdf

Download (539kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan makhorijul huruf melalui metode tilawati dengan media audio visual pada anak usia 5-6 tahun di Taman Kanak-kanak Islam Insan Kamil Makassar. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Metode penelitian yang digunakan ialah penelitian tindakan dengan desain penelitian model Arikunto yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi dalam bentuk checklist . Analisis data menggunakan analisis kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode tilawati dengan media audio visual dapat meningkatkan kemampuan makhorijul huruf anak usia 5-6 tahun di Taman Kanak-kanak Islam Insan Kamil Makassar. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari perubahan kriteria BSH di setiap siklusnya. Pada siklus I sebanyak 1 anak dan siklus II sebanyak 8 anak. Kata Kunci : Makhorijul Huruf, Metode Tilawati, dan Media Audio Visual

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 03 Feb 2023 02:22
Last Modified: 03 Feb 2023 02:22
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/27002

Actions (login required)

View Item View Item