Almia (2023) PENERAPAN METODE BERCERITA DENGAN MENGGUNAKAN BONEKA TANGAN DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN BAHASA RESEPTIF PADA KELOMPOK B TAMAN KANAK-KANAK KESAN GUPPI KOTA MAKASSAR.
Text
sampul.docx Download (1MB) |
|
Text
MOTTO DAN PERUNTUKAN.docx Download (15kB) |
|
Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx Download (16kB) |
|
Text
ABSTRAK.docx Download (17kB) |
|
Text
PRAKATA.docx Download (18kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.docx Download (15kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (27kB) |
|
Text
BAB II-1.docx Download (51kB) |
|
Text
BAB III-1.docx Download (31kB) |
|
Text
BAB IV.docx Download (36kB) |
|
Text
BAB V-1 DAN DAFTAR PUSTAKA.docx Download (700kB) |
|
Text
LAMPIRAN PENILAIAN OBSERVASI anak.docx Download (21kB) |
|
Text
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN ALIA OK.docx Download (25kB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.docx Download (32kB) |
Abstract
Almia, 2018. Penerapan metode bercerita denganboneka tangan dalam peningkatan kemampuan Bahasa reseptif di Kelompok B Taman Kanak-kanak Kesan Guppi Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Parwoto.,M.Pd dan Dra. Sri Sofiani, M.Pd. Program Studi Program Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya masalah kemampuan Bahasa resseptif pada anak yang masih rendah oleh karena itu rumusan masalah adalah apakah dengan penerapan metode bercerita dengan menggunakan media boneka tangan dapat meningkatkan kemampuan bahasa reseptif anak di Taman Kanak-Kanak Kesan Guppi Kota Makassar, sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode bercerita dengan boneka tangan dalam peningkatan kemampuan bahasa reseptif anak di Taman Kanak-Kanak Kesan Guppi Kota Makassar yang kemudian dijabarkan melalui dua indikator, yaitu: 1) anak mampu menjawab pertanyaan dengan benar , 2) anak mampu menceritakan kembali isi cerita. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah 23 anak Kelompok B TK Kesan Guppi Kota Makassar, yang terdiri dari 11 laki-laki dan 12 perempuan dan 1 orang guru.. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi kemampuan Bahasa reseptif anak, tes lisan digunakan untuk kedua kemampuan tersebut. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Adapun indikator keberhasilan PTK ini dari keseluruhan jumlah nilai anak memperoleh nilai rata-rata lebih dari 75% anak dalam kategori Berkembang Sangat Baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan Bahasa reseptif anak pada pertemuan I siklus I menunjukkan bahwa kemampuan anak yang berada pada kriteria berkembang sangat baik sangat rendah, namun pada pertemuan II siklus II kemampuan anak yang berada pada kriteria berkemabang sangat baik itu telah meningkat, hal ini berarti bahwa penerapan metode bercerita dengan menggunakan boneka tangan dapat meningkatkan kemampuan Bahasa reseptif anak pada Taman Kanak-kanak Kesan Guppi Kota Makassar
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 03 Feb 2023 01:51 |
Last Modified: | 03 Feb 2023 01:51 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26999 |
Actions (login required)
View Item |