PENERAPAN METODE BERCERITA DENGAN MENGGUNAKAN BONEKA TANGAN DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN BAHASA RESEPTIF PADA KELOMPOK B TAMAN KANAK-KANAK KESAN GUPPI KOTA MAKASSAR

Almia (2023) PENERAPAN METODE BERCERITA DENGAN MENGGUNAKAN BONEKA TANGAN DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN BAHASA RESEPTIF PADA KELOMPOK B TAMAN KANAK-KANAK KESAN GUPPI KOTA MAKASSAR.

[img] Text
sampul.docx

Download (1MB)
[img] Text
MOTTO DAN PERUNTUKAN.docx

Download (15kB)
[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx

Download (16kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (17kB)
[img] Text
PRAKATA.docx

Download (18kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (15kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (27kB)
[img] Text
BAB II-1.docx

Download (51kB)
[img] Text
BAB III-1.docx

Download (31kB)
[img] Text
BAB IV.docx

Download (36kB)
[img] Text
BAB V-1 DAN DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (700kB)
[img] Text
LAMPIRAN PENILAIAN OBSERVASI anak.docx

Download (21kB)
[img] Text
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN ALIA OK.docx

Download (25kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (32kB)

Abstract

Almia, 2018. Penerapan metode bercerita denganboneka tangan dalam peningkatan kemampuan Bahasa reseptif di Kelompok B Taman Kanak-kanak Kesan Guppi Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Parwoto.,M.Pd dan Dra. Sri Sofiani, M.Pd. Program Studi Program Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya masalah kemampuan Bahasa resseptif pada anak yang masih rendah oleh karena itu rumusan masalah adalah apakah dengan penerapan metode bercerita dengan menggunakan media boneka tangan dapat meningkatkan kemampuan bahasa reseptif anak di Taman Kanak-Kanak Kesan Guppi Kota Makassar, sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode bercerita dengan boneka tangan dalam peningkatan kemampuan bahasa reseptif anak di Taman Kanak-Kanak Kesan Guppi Kota Makassar yang kemudian dijabarkan melalui dua indikator, yaitu: 1) anak mampu menjawab pertanyaan dengan benar , 2) anak mampu menceritakan kembali isi cerita. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah 23 anak Kelompok B TK Kesan Guppi Kota Makassar, yang terdiri dari 11 laki-laki dan 12 perempuan dan 1 orang guru.. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi kemampuan Bahasa reseptif anak, tes lisan digunakan untuk kedua kemampuan tersebut. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Adapun indikator keberhasilan PTK ini dari keseluruhan jumlah nilai anak memperoleh nilai rata-rata lebih dari 75% anak dalam kategori Berkembang Sangat Baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan Bahasa reseptif anak pada pertemuan I siklus I menunjukkan bahwa kemampuan anak yang berada pada kriteria berkembang sangat baik sangat rendah, namun pada pertemuan II siklus II kemampuan anak yang berada pada kriteria berkemabang sangat baik itu telah meningkat, hal ini berarti bahwa penerapan metode bercerita dengan menggunakan boneka tangan dapat meningkatkan kemampuan Bahasa reseptif anak pada Taman Kanak-kanak Kesan Guppi Kota Makassar

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 03 Feb 2023 01:51
Last Modified: 03 Feb 2023 01:51
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26999

Actions (login required)

View Item View Item