PENINGKATAN KEMAMPUAN KEAKSARAAN ANAK DENGAN MENGGUNAKAN KARTU HURUF PADA ANAK KELOMPOK ADI TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL I TELLO BARU KOTA MAKASSAR

ST.RAHMA.B (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN KEAKSARAAN ANAK DENGAN MENGGUNAKAN KARTU HURUF PADA ANAK KELOMPOK ADI TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL I TELLO BARU KOTA MAKASSAR.

[img] Text
1. Sampul.docx

Download (21kB)
[img] Text
2. lampiran depan.docx

Download (63kB)
[img] Text
Daftar ISI.docx

Download (32kB)
[img] Text
3. bab 1 2 dan 3.docx

Download (69kB)
[img] Text
6. DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (21kB)
[img] Text
7. lampiran instrumen.docx

Download (29kB)
[img] Text
8. lampiran observasi.docx

Download (58kB)
[img] Text
9. dokumentasi penelitian.docx

Download (2MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (42kB)

Abstract

St.Rahma.B, 2018. Peningkatan kemampuan keaksaraan anak dengan menggunakan kartu huruf pada anak kelompok A di Taman Kanak-kanak Aisyiyah I Tello Baru Kota Makassar. Skripsi dibimbing oleh Syamsuardi, S.Pd, M.Pd dan Hajerah, S.Pd.I M.pd. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah penerapan kartu huruf dalam meningkatkan kemampuan keaksaraan anak kelompok A di Taman Kanak-kanak Aisyiyah I Tello Baru Kelurahan Batua Kecamatan Manggala Kota Makassar. Masalah utama penelitian ini adalah rendahnya kemampuan keaksaraan anak kelompok A di Taman Kanak-kanak Aisyiyah I Tello Baru Kelurhan Batua Kecamatan Manggala Kota Makassar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan keaksaraann anak dengan menggunakan kartu huruf pada anak kelompok A di Taman Kanak-kanak Aisyiyah I Tello Baru Kelurhan Batua Kecamatan Manggala Kota Makassar. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang terdiri dari 4 tahap dalam setiap siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan keaksaraan anak dengan menggunakan kartu huruf pada anak kelompok A di Taman Kanak-kanak Aisyiyah I Tello Baru Kelurahan Batua Kecamatan Manggala Kota Makassar. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus masing-masing tempat kali pertemuan. Setting penelitian ini adalah Taman Kanak-kanak Aisyiyah I Tello Baru Kelurahan Batua Kecamatan Manggala Kota Makassar. Subyek penelitian ini adalah anak didik kelompok A yang terdiri atas 12 anak didik serta 1 orang guru kelompok A. Pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan kartu huruf dapat meningkatkan kemampuan keaksaraan anak di Taman Kanak-kanak Aisyiyah I Tello Baru Kelurahan Batua Kecamatan Manggala Kota Makassar, hal ini dapat dilihat dari anak sudah mampu menyebutkan huruf dan simbol yang melambangkannya, anak sudah mampu membaca gambar dan menyebutkan simbol yang dikenal dan anak sudah mampu maniru menulis huruf.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 03 Feb 2023 01:19
Last Modified: 03 Feb 2023 01:19
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26995

Actions (login required)

View Item View Item