Efektivitas Penggunaan Media Blok Aljabar dengan Model Pembelajaran Kooperatif dalam Pembelajaran Matematika pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Barombong Kabupaten Gowa

Haris, Wahyudin (2016) Efektivitas Penggunaan Media Blok Aljabar dengan Model Pembelajaran Kooperatif dalam Pembelajaran Matematika pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Barombong Kabupaten Gowa. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK , 2016. . Skripsi. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini adalah penelitian pra-eksperimen yang melibatkan satu kelas sebagai kelas eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran matematika dengan Menggunakan Media Blok Aljabar dan Model Pembelajaran Kooperatif pada Siswa Kelas VIIIF SMP Negeri 1 Barombong Kabupaten Gowa tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini mengacu pada tiga aspek kriteria keefektian pembelajaran, yaitu: ketuntasan belajar secara klasikal, aktivitas siswa, dan respon siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah The One Shot Case Study, yaitu sebuah eksperimen yang dilaksanakan tanpa adanya kelompok pembanding (kontrol) dan juga tanpa tes awal. Satuan eksperimen yang digunakan yaitu satu kelas yang dipilih secara random dengan teknik cluster random sampling. Satuan eksperimen penelitian ini adalah siswa Kelas VIIIF sebanyak 27 siswa. Penelitian dilaksanakan selama 4 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar, lembar observasi untuk mengamati aktivitas siswa dan keterlaksanaan pembelajaran, tes kemampuan pemahaman blok aljabar, serta angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukaan bahwa: (1) skor rata-rata tes hasil belajar matematika siswa adalah 76,67 dan berada pada kategori tinggi dengan simpangan baku 10,19 dimana skor terendah yang diperoleh adalah 55 dan skor tertinggi adalah 100 dari skor ideal 100. Dari hasil tersebut diperoleh bahwa 22 siswa atau 81,48% mencapai KKM dan ini berarti bahwa ketuntasan secara klasikal tercapai. (2) persentase dari keaktifan siswa dengan menggunakan media blok aljabar dengan model pembelajaran kooperatif yaitu 89,00%, apabila dikaitkan dengan kriteria aktivitas siswa yaitu 75% maka aktivitas siswa mencapai kriteria efektif. (3) skor rata-rata keterlaksanaan pembelajaran yaitu 3,82 dengan kategori sangat baik. (4) persentase dari tes kemampuan pemahaman blok aljabar yaitu 81,48% apabila dikaitkan dengan kriteria kemampuan pemahaman blok aljabar yaitu 80% maka kemampuan pemahaman blok aljabar siswa mencapai kriteria baik atau paham. (5) angket respon siswa menunjukkan bahwa respon siswa terhadap proses pembelajaran dengan menggunakan media blok dengan model pembelajaran kooperatif positif. Dengan demikian pembelajaran matematika dengan menggunakan Media Blok Aljabar dengan Model Pembelajaran Kooperatif efektif diterapkan pada siswa kelas VIIIF SMP Negeri 1 Barombong Kabupaten Gowa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 24 Jul 2017 03:12
Last Modified: 24 Jul 2017 03:12
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/2699

Actions (login required)

View Item View Item