PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYIMAK MELALUI METODE BERCERITA DENGAN MEDIA VISUAL PADA ANAKDI TAMAN KANAK – KANAK KALAM KUDUS KOTA MAKASSAR

RUSMIN KURNIA TENRIANI (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYIMAK MELALUI METODE BERCERITA DENGAN MEDIA VISUAL PADA ANAKDI TAMAN KANAK – KANAK KALAM KUDUS KOTA MAKASSAR.

[img] Text
Skripsi Menyimak.docx

Download (8MB)

Abstract

Rusmin Kurnia Tenriani. 2018. Peningkatan Kemampuan Menyimak Melalui Metode Bercerita Dengan Media visual Pada Anak Di Taman Kanak-Kanak Kalam Kudus Kota Makassar. Skripsi dibimbing oleh Dr. Parwoto, M.Pd dan Azizah Amal, S.S., M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Masalah utama dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatan kemampuan menyimak dengan penerapan metode bercerita dengan media visual pada kelompok A Taman Kanak-kanak Kalam Kudus Kota Makassar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan menyimak anak melalui metode bercerita dengan media visual di kelompok A Taman Kanak-kanak Kalam Kudus Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yaitu berusaha mengkaji dan merefleksikan kemampuan menyimak pada anak melalui kegiatan bercerita dalam proses belajar mengajar di Taman Kanak-kanak Kalam Kudus Makassar. Subjek penelitian adalah 14 anak pada kelompok A dengan guru sebanyak 2 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian pada siklus I meningkat menjadi 50 % dari kondisi awal hanya 25.57% dan pada siklus II meningkat menjadi 75.42%. Hasil menunjukkan adanya peningkatan kemampuan menyimak pada anak melalui kegiatan bercerita dengan media visual di kelompok A Taman Kanak-kanak Kalam Kudus Kota Makassar di mana anak telah mampu menyebutkan tokoh-tokoh dalam cerita dan menceritakan kembali cerita yang telah didengar secara sederhana.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 02 Feb 2023 02:40
Last Modified: 02 Feb 2023 02:40
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26975

Actions (login required)

View Item View Item