PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN FINGER PAINTING PADA KELOMPOK B TAMAN KANAK-KANAK ANANDA SUDIANG KOTA MAKASSAR

Zulfiany Thomeng (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN FINGER PAINTING PADA KELOMPOK B TAMAN KANAK-KANAK ANANDA SUDIANG KOTA MAKASSAR.

[img] Text
SAMPUL.docx

Download (1MB)
[img] Text
ISI DAN LAMPIRAN.docx

Download (8MB)

Abstract

Zulfiany Thomeng, 2018. Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Anak melalui Kegiatan Finger Painting Pada Kelompok B Taman Kanak-kanak Ananda Sudiang Kota Makassar. Skripsi dibimbing oleh Dr. Parwoto, M.Pd dan Dra. Sri Sofiani, M.Pd. Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan finger painting pada kelompok B TK Ananda Sudiang Kota Makassar. Tujuan yang diharapkan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan finger painting pada Kelompok B TK Ananda Sudiang Kota Makassar. Pendekatan penelitian adalah penelitian yang berbasis penellitian kualitatif dengan jenis penelitian Tindakan Kelas. Lokasi penelitian ini betempat di Taman Kanak-kanak Ananda Sudiang di jalan Perumnas Sudiang Blok G Nomor 36-37 Kota Makassar Kelurahan Laikang Kecamatan Biringkanaya. Adapaun subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan anak kelompok B yang berjumlah 12 orang terdiri dari 8 anak laki-laki dan 4 anak perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I kemampuan motorik halus anak masih kurang. Hal ini dikarenakan guru membawakan pelajaran kurang menarik perhatian sehingga kurang maksimal. Sedangkan pada siklus II kemampuan motorik halus anak mengalami peningkatan dengan baik, hali ini dikarenakan perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran disipakan dengan maksimal. Hal ini dapat dilihat pada pelaksananaan kegiatan finger painting sudah mampu melenturkan otot-otot jari tangan, otot-otot pergelangan tangan dan koordinasi mata dan tangan yang baik tanpa bantuan orang lain. Dengan demikian kemampuan motorik halus anak pada kelompok B TK Ananda Sudiang Kota Makassar dapat meningkat melalui kegiatan finger painting.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 02 Feb 2023 01:58
Last Modified: 02 Feb 2023 01:58
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26970

Actions (login required)

View Item View Item