PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF MELALUI PERMAINAN KARTU HURUF BERGAMBARPADA KELOMPOK B TAMAN KANAKKANAKKEMALA BHAYANGKARI KABUPATEN GOWA

Multy (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF MELALUI PERMAINAN KARTU HURUF BERGAMBARPADA KELOMPOK B TAMAN KANAKKANAKKEMALA BHAYANGKARI KABUPATEN GOWA.

[img] Text
SKRIPSI MULTY.docx

Download (1MB)

Abstract

Multy, 2018, Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Kartu Huruf Bergambar pada kelompok B Taman Kanak-kanak Kemala Bhayangkari Kabupaten Gowa. Skripsi ini dibimbing oleh Syamsuardi, S. Pd, M. Pd sebagai Pembimbing I dan Hajerah, S. Pd. I, M. Pd sebagai Pembimbing II; Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan anak mengenal huruf karena dalam menerapkan pembelajaran kurang bervariasi serta masih menggunakan cara-cara lama yang kurang efektif. Rumusan masalah yang dikaji yaitu bagaimanakah permainan kartu huruf bergambar dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf anak pada kelompok B taman Kanak-kanak Kemala Bhayangkari Kabupaten Gowa. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf melalui permainan kartu huruf bergambar. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Fokus penelitian adalah penerapan permainan kartu huruf bergambar dan kemampuan mengenal huruf, indikatornya adalah mengetahui simbol huruf dan mengenal simbol huruf. Subjek penelitian adalah Kelompok B4 Taman Kanak-kanak Kemala Bhayangkari kab. Gowa sebanyak 15 anak didik dan 1 orang guru. Instrumen yang digunakan adalah format observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian pada setiap siklus telah menunjukkan adanya peningkatan kemampuan anak mengenal huruf melalui kartu huruf bergambar setelah melihat observasi anak dan kegiatan guru dalam melaksanakan permainan kartu huruf bergambar pada siklus I sampai siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui kartu huruf bergambar dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf di Taman Kanak-kanak Kemala Bhayangkari Kab. Gowa.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 02 Feb 2023 01:44
Last Modified: 02 Feb 2023 01:44
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26968

Actions (login required)

View Item View Item