Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay-Two Stray (TS-TS) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII.6 SMP Negeri 25 Makassar.

Febriyanti, Ervi (2016) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay-Two Stray (TS-TS) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII.6 SMP Negeri 25 Makassar. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK . 2016. Skripsi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan selama dua siklus, yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe Two Stay-Two Stray (TS-TS). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII.6 SMP Negeri 25 Makassar sebanyak 35 siswa yang terdiri atas 15 orang laki-laki dan 20 orang perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa dan lembar observasi aktivitas siswa. Data hasil belajar dianalisis secara kuantitatif dan data lembar aktivitas siswa dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) skor rata-rata siswa pada siklus I adalah 74,66 dengan standar deviasi 8,22. Siswa yang tuntas belajar secara individu adalah 25 siswa (71,34%). (2) skor rata-rata siswa pada siklus II adalah 78 dengan standar deviasi 8,12. Siswa yang tuntas belajar secara individu adalah 32 siswa (91,43%). (3) Terjadi peningkatan keaktifan siswa dalam mengikuti pelajaran matematika. Dari hasil analisis, dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay-Two Stray (TS-TS) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII.6 SMP negeri 25 Makassar. Kata kunci : pembelajaran kooperatif, Two Stay-Two Stray, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > Matematika
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 24 Jul 2017 02:52
Last Modified: 24 Jul 2017 02:52
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/2696

Actions (login required)

View Item View Item