Pengaruh Sikap Ilmiah, Kemandirian Belajar, Dan Pemanfaatan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Sinjai.

Fauzan, Muh. (2016) Pengaruh Sikap Ilmiah, Kemandirian Belajar, Dan Pemanfaatan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Sinjai. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK , 2016. Skripsi. Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Dr. Muhammad Darwis M. M.Pd, dan Dr. Ilham Minggi, M.Si.) Jenis penelitian ini adalah penelitian ex-post facto. Penelitian ex-post facto disini dirancang untuk menerangkan adanya pengaruh antar variabel dan menguji hipotesis yang telah dirumuskan sebelumnya. Populasi dalam penelitian ini adalah Seluruh Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Sinjai. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan membagikan angket kepada responden dan tes hasil belajar tahun pelajaran 2014/2015 yang dipilih sebagai sampel penelitian. Analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan teknik analisis statistik inferensial menggunakan SPSS 20.0. Hasil yang diperoleh dari analisis statistik deskriptif, yaitu untuk hasil belajar siswa berada dalam kategori “sedang” dengan rata-rata 56,85 dari skor maksimal 95 dengan frekuensi 27% dari 124 responden dan untuk sikap ilmiah siswa berada dalam kategori “agak setuju” dengan rata-rata 59,17 dari skor maksimal 85 dengan frekuensi 54% dari 124 responden dan untuk kemandirian belajar berada dalam kategori “agak setuju” dengan rata-rata 80,76 dari skor maksimal 104 dengan frekuensi 45% dari 124 responden dan untuk pemanfaatan fasilitas belajar, berada dalam kategori “agak setuju” dengan rata-rata 35,16 dari skor maksimal 48 dengan frekuensi 37% dari 124 responden Sementara hasil yang diperoleh dari analisis statistik inferensial adalah adanya pengaruh yang positif sikap ilmiah, kemandirian belajar, dan pemanfaatan fasilitas belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI SMA Negeri 1 Sinjai sebesar 66%. Kata Kunci:Sikap Ilmiah, Kemandirian Belajar, Pemanfaatan Fasilitas Belajar, Hasil Belajar, Matematika ABSTRACT Muh. Fauzan, 2016. The Influence of Scientific Attitude, Learning Independence, and The Use Of School Learning Facility toward Student’s Mathematics Learning Achievement Grade XI SMA I Sinjai. Thesis. Department of Mathematic, Mathematics and Sciences Faculty. State University of Makassar (Supervised by Dr. Muhammad Darwis M. M.Pd, and Dr. Ilham Minggi, M.Si.) Type of research in this study was ex-post facto. Ex-post facto research is designed to explain the relation between each variable and test the hypothesis that has been formulated previously. The population in this research is all students of senior high school 1 Sinjai. Techniques of data collection were done by using distribution questionnaires and learning achievement test academic year 2014/ 2015 were chosen as reseaarch sampling. The data analysis using descriptive statistical analysis techniques and inferential statistical analysis techniques using SPSS 20.0. The results obtained from analysis of descriptive statistics, for students learning achievement include in “medium” category an average 56,85 from maximum score 95 with frequency 27% of the 124 respondents and for students scientific attitude include “somewhat agree” category with an average 59,17 by maximum score of 85 with a frequency 54% of the 124 respondents and for learning independence include in “somewhat agree” with an average 80,76 by maximum score 104 with frequency 45% of 124 respondents and for The Use Of School Learning Facility, include in “somewhat agree” category with an average 35,16 by maximum score 48 with frequency 37% of 124 respondents While the results obtained from the inferential statistical analysis is the are positive influence between Scientific Attitude, Learning Independence, and The Use Of School Learning Facility toward Student’s Mathematics Learning Achievement Grade XI SMA I Sinjai with score is 66% Keywords: Scientific Attitude, Learning Independence, The Use Of School Learning Facility, Learning Achievement, Mathematics.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > Matematika
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 24 Jul 2017 02:50
Last Modified: 24 Jul 2017 02:50
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/2695

Actions (login required)

View Item View Item