PENGARUH METODE EKSPERIMEN TERHADAP KEMAMPUAN SAINS ANAK KELOMPOK B TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL V RANTING TODDOPULI PERUMNAS CABANG TELLO BARU KOTA MAKASSAR

Nadia Utami (2023) PENGARUH METODE EKSPERIMEN TERHADAP KEMAMPUAN SAINS ANAK KELOMPOK B TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL V RANTING TODDOPULI PERUMNAS CABANG TELLO BARU KOTA MAKASSAR.

[img] Text
skripsi.pdf

Download (619kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (245kB)

Abstract

Nadia Utami. 2017. Pengaruh Metode Eksperimen Terhadap Kemampuan Sains Anak kelompok B Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal V Ranting Toddopuli Perumnas Cabang Tello Baru Kota Makassar. skripsi, Dibimbing oleh pembimbing Azizah Amal, SS, M.Pd. dan Dr. Muhammad Yusri Bachtiar, M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kemampuan sains anak. Dikarenakan metode yang digunakan dalam proses pembelajaran cenderung menggunakan metode konvensional yang menjadi anak kurang aktif dalam setiap kegiatan yang dapat merugikan anak dalm proses pembelajaran. Adapun pemilihan metode eksperimen agar anak terlibat langsung dalam mencari, mencoba dan menemukan jawaban sendiri dalam setiap kegiatan pembelajaran sains. Oleh karena itu tujuan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran anak mengeksplorasi warna alam dalam permainan sains melalui pendekatan eksperimen terbimbing di kelompok B Taman Kanak-kanak Aisyiyah Bustanul Athfal V Ranting Toddopuli Perumnas Cabang Tello Baru Kota Makassar, yang diberikan perlakuan metode eksperimen dan untuk mengetahui adanya pengaruh metode eksperimen terbimbing terhadap kemampuan mengeksplorasi warna alam dalam permainan sains anak. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperiment atau eksperimen semu . Populasi penelitian adalah seluruh anak kelompok B di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Bustanul athfal V. sedangkan sampel penelitian adalah kelompok B4 yang berjumlah 11 anak, B2 berjumlah 11 anak untuk kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Tehnik pengumpulan data melalui tehnik Tes, dan observasi. Tehnik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik nonparametrik.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 31 Jan 2023 06:36
Last Modified: 31 Jan 2023 06:36
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26930

Actions (login required)

View Item View Item