PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN SCAFFOLDING TERSTRUKTUR PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII-1 SMP NEGERI 3 MAKASSAR

Hasan, Nur Hasmah (2016) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN SCAFFOLDING TERSTRUKTUR PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII-1 SMP NEGERI 3 MAKASSAR. S2 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
ARTIKEL.docx

Download (54kB)

Abstrak Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika melalui penerapan model problem based learning dengan menggunakan scaffolding terstruktur pada peserta didik kelas VIII-1 SMP Negeri 3 Makassar. Yang dimaksud dalam hal ini adalah (i) Untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran matematika melalui penerapan model problem based learning dengan menggunakan scaffolding terstruktur pada peserta didik kelas VIII-1 SMP Negeri 3 Makassar; (ii) Untuk meningkatkan kualitas hasil belajar matematika melalui penerapan model problem based learning dengan menggunakan scaffolding terstruktur pada peserta didik kelas VIII-1 SMP Negeri 3 Makassar. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui lembar observasi, tes prestasi belajar, dan angket respon peserta didik. Pemberian tindakan dilaksanakan dalam dua siklus. Analisis data dilakukan dengan cara analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (i) Penerapan model problem based learning dengan menggunakan scaffolding terstruktur dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran matematika pada peserta didik kelas VIII-1 SMP Negeri 3 Makassar dengan tercapainya indikator sebagai berikut: (1) Meningkatnya persentase aktivitas peserta didik dari sebelum pelaksanaan ke siklus I sebesar 71,25% berada pada kategori cukup dan ke siklus II sebesar 83,25% berada pada kategori baik; (2) Meningkatnya perubahan sikap peserta didik dari sebelum pelaksanaan ke siklus I dengan skor 2,41 berada pada kategori baik dan ke siklus II dengan skor 3,43 berada pada kategori sangat baik. (ii) Penerapan model problem based learning dengan menggunakan scaffolding terstruktur dapat meningkatkan kualitas hasil belajar matematika pada peserta didik kelas VIII-1 SMP Negeri 3 Makassar yang di tunjukkan dengan meningkatnya prestasi belajar matematika peserta didik sebelum tindakan ke siklus I dengan persentase ketuntasan secara klasikal sebesar 38,46% berada pada kategori kurang dengan skor rata-rata peserta didik 69,92 dari skor ideal 100 dan berada dalam kategori cukup dengan standar deviasi 15,10 ke siklus II dengan persentase ketuntasan secara klasikal sebesar 79,49% berada pada kategori baik dengan skor rata-rata peserta didik 78,77 dari skor ideal 100 dan berada dalam kategori baik dengan standar deviasi 11,78 Kata Kunci : kualitas pembelajaran, problem based learning, scaffolding terstruktur

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 24 Jul 2017 02:37
Last Modified: 24 Jul 2017 02:37
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/2693

Actions (login required)

View Item View Item