PENGARUH BERMAIN MAZE TERHADAP KECERDASAAN VISUAL SPASIAL ANAK KELOMPOK B DI TAMAN KANAK-KANAK KARTIKA JAYA XX.36 KECAMATAN POLONGBANGKENG SELATAN KABUPATEN TAKALAR

MIRNAWATI (2023) PENGARUH BERMAIN MAZE TERHADAP KECERDASAAN VISUAL SPASIAL ANAK KELOMPOK B DI TAMAN KANAK-KANAK KARTIKA JAYA XX.36 KECAMATAN POLONGBANGKENG SELATAN KABUPATEN TAKALAR.

[img] Text
MIRNA.pdf

Download (4MB)

Abstract

Mirnawati. 2017.Pengaruh Bermain Maze Terhadap Kecerdasan Visual-Spasial Anak Kelompok B di Taman Kanak-Kanak Kartika Jaya XX.36 Kecamatan Polongbangkeng Selatan Kabupaten Takalar. Skripsi ini Dibimbing oleh Herman, S.Pd., M.Pd dan Azizah Amal, SS., M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1. Bagaimana kecerdasan Visual-spasial anak kelompok B di Taman Kanak-Kanak Kartika Jaya XX.36 Kecamatan Polongbangkeng Selatan Kabupaten Takalar sebelum dan setelah diterapkan kegiatan bermmain maze?. 2. Apakah ada pengaruh bermaian Maze terhadap kecerdasan Visual-Spasial anak kelompok B di Taman Kanak-Kanak Kartika Jaya XX.36 Kecamatan Polongbangkeng Selatan Kabupaten Takalar?. Berdasarkan rumusan maslah diatas maka, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Bermain Maze Terhadap Kecerdasan Visual-Spasial Anak Kelompok B di Taman Kanak�Kanak Kartika Jaya XX.36 Kecamatan Polongbangkeng Selatan Kabupaten Takalar. Kegiatan bermaian Maze yang dilakukan adalah Mengelompokkan warna berdasarkan pola secara berurutan, Menyusun bentuk geometri berdasarkan warna yang ditentukan, Menyelesaikan Maze/labirin sederhana sambil menyebutkan arahnya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen sederhana. Ada dua variabel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu variabel bebas (Bermain Maze) dan variabel terikat (Kecerdasan Visual-Spasial), dengan desain penelitian yaitu One GroupPretest-Postest Design. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh jumlah anak yang ada di kelompok B yaitu 16 anak. Teknik pengumpulan data melalui teknik Tes, Observasi dan Dokumentasi. Prosedur pengumpulan data dilakukan melalui, perencanaan, pemberian Pretest, pemeberian perlakuan, pemberian Posttest, dan analisis hasil. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji beda Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan Visual-Spasial anak mengalami peningkatan perolehan nilai dibandingkan sebelum diberikan perlakuan dengan nilai T hitung (136) > T tabel (30) dan Z hitung (3.47) > Z tabel (1,645), dengan demikian bahwa hipotesis diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh bermaian Maze terhadap kecerdasan Visual-Spasial anak kelompok B di Taman Kanak-Kanak Kartika Jaya XX.36 Kecamatan Polongbangkeng Selatan Kabupaten Takalar

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 31 Jan 2023 05:46
Last Modified: 31 Jan 2023 05:46
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26924

Actions (login required)

View Item View Item