PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK KELOMPOK B DI TAMAN KANAK-KANAK TELKOM SHANDY PUTRA MAKASSAR

Andi Nurlaisa (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK KELOMPOK B DI TAMAN KANAK-KANAK TELKOM SHANDY PUTRA MAKASSAR.

[img] Text
1. SAMPUL.docx

Download (878kB)
[img] Text
2.Abstrak, dll.docx

Download (28kB)
[img] Text
3. Daftar isi.docx

Download (25kB)
[img] Text
4. BAB I.docx

Download (39kB)
[img] Text
5. BAB II.docx

Download (48kB)
[img] Text
6. BAB III.docx

Download (39kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (23kB)
[img] Text
1.lampiran 1-3.docx

Download (28kB)
[img] Text
2.Lampiran 4.docx

Download (27kB)
[img] Text
3.Lampiran 5.docx

Download (28kB)
[img] Text
4.Lampiran 6.docx

Download (19kB)
[img] Text
5.lampiran 7-9.docx

Download (21kB)
[img] Text
Dokumentasi penelitian.docx

Download (11MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (33kB)

Abstract

Andi Nurlaisa, 2017. Pengaruh penggunaan media kartu kata bergambar terhadap kemampuan membaca permulaan Kelompok B di Taman Kanak-Kanak Telkom Sandhy Putra Makassar Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Sri Sofiani, M.Pd. selaku pembimbing I dan Dr.Muh. Yusri Bachtiar, M. Pd selaku pembimbing II. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Masalah yang melatar belakangi penelitian ini adalah rendahnya kemampuan membaca permulaan anak kelompok B di Taman Kanak-Kanak Telkom Shandy Putra Makassar. Adapun rumusan masalahnya adalah 1. Bagaimana gambar kemampuan membaca permulaan anak yang diajar dengan menggunakan media kartu kata bergambar? 2. Bagaimana gambaran kemampuan membaca permulaan anak yang diajar dengan menggunakan metode bercerita? 3. Apakah ada pengaruh kemampuan membaca permulaan anak didik yang diajar dengan menggunakan media kartu kata dan metode bercerita?. Berdasarkan rumusan masalah di atas, maka penelitian ini bertujuan. 1. Untuk mengetahui gambaran kemampuan membaca permulaan anak yang diajar dengan menggunakan media kartu kata bergambar. 2. Untuk mengetahui gambaran kemampuan membaca permulaan anak yang diajar dengan menggunakan metode bercerita. 3. Untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh kemampuan membaca permulaan anak didik yang diajar dengan menggunakan media kartu kata bergambar dengan metode bercerita. Penelitian ini bersifat pendekatan Kuantitatif dengan menggunakan jenis penelitian Random Sampling. Sampel penelitian ini berjumlah 22 orang anak yang dibagi menjadi dua kelompok. Teknik pengumpulan data melalui tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisi data yang digunakan adalah analisi deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca permulaan anak mengalami perbedaan yang signifikan antara media kartu kata bergambar dan metode bercerita. Maka disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan media kartu kata bergambar terhadap kemampuan membaca permulaan pada anak kelompok B di Taman Kanak-Kanan Telkom Shandy Putra Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 31 Jan 2023 05:31
Last Modified: 31 Jan 2023 05:31
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26923

Actions (login required)

View Item View Item