PENGGUNAAN MEDIA EDUCATION GAMES BERBASIS BUDAYA LOKAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK DI TK PERTIWI DWP SETDA PROV. SUL-SEL

FADHILAH AFIFAH (2023) PENGGUNAAN MEDIA EDUCATION GAMES BERBASIS BUDAYA LOKAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK DI TK PERTIWI DWP SETDA PROV. SUL-SEL.

[img] Text
Skripsi Penggunaan Media Education Games Berbasis Budaya Lokal Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak di TK Pert~1.pdf

Download (4MB)

Abstract

FADHILAH AFIFAH 2017. Penggunaan Media Education Games Berbasis Budaya Lokal untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak di TK Pertiwi DWP Setda Prov. Sul-Sel. Skripsi. Dibimbing oleh Bapak Herman, S.Pd., M.Pd. dan Ibu Hajerah, S.Pd.I., M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan motorik halus anak yang masih rendah dan pembelajaran yang kurang menarik perhatian oleh anak. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana penggunaan media education games berbasis budaya lokal untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak di TK Pertiwi DWP Setda Prov. Sul-Sel?. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak melalui penerapan media education games berbasis budaya lokal di kelompok B3 TK Pertiwi DWP Setda Prov. Sul-Sel. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian berupa penelitian tindakan kelas dengan prosedur kerja berdaur ulang/siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah bagaimana penggunaan media education games berbasis budaya lokal dan peningkatkan kemampuan motorik halus pada anak. Setting penelitian bertempat di TK Pertiwi DWP Setda Prov. Sul-Sel dengan subjek penelitian sebanyak 15 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi, sedangkan Teknik analisis data dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media Education Games meningkatkan proses pembelajaran guru dan anak. Pada tindakan siklus I menunjukkan proses pembelajaran yang dilakukan oleh anak masih dalam kriteria mulai berkembang bahkan belum berkembang dan guru masih dalam kategori atau kriteria cukup dan kurang. Sedangkan pada siklus ke II mengalami perubahan dan peningkatan yang sangat memuaskan hingga hasil yang diperoleh anak mendapatkan kriteria berkembang sangat baik dan guru masuk pada kriteria baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa melalui penggunaan media education games berbasis budaya lokal dapat meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak di TK Pertiwi DWP Setda Prov. Sul-Sel

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 31 Jan 2023 03:05
Last Modified: 31 Jan 2023 03:05
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26918

Actions (login required)

View Item View Item