PENGARUH FILM ANIMASI TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA ANAK KELOMPOK B DI TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH MACCINI TENGAH KOTA MAKASSAR

RINI SUSANTI (2023) PENGARUH FILM ANIMASI TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA ANAK KELOMPOK B DI TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH MACCINI TENGAH KOTA MAKASSAR.

[img] Text
Sampul Luar.pdf

Download (18kB)
[img] Text
Persetujuan dan Pengesahan.pdf

Download (380kB)
[img] Text
BAB I, II, III,IV,V, DAPUS.pdf

Download (695kB)
[img] Text
Data Mentah Posttest Berbicara Anak.pdf

Download (172kB)
[img] Text
Data Mentah Pretest Berbicara Anak.pdf

Download (174kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP PENULIS.pdf

Download (14kB)

Abstract

Rini Susanti, 2017. Pengaruh Film Animasi Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Kelompok B Di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Maccini Tengah Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Sri Sofiani, M.Pd. dan Syamsuardi, S.Pd, M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1. Bagaimana gambaran kemampuan berbicara anak, sebelum dan setelah perlakuan berupa film animasi pada anak kelompok B di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Maccini Tengah Kota Makassar? 2. Apakah ada pengaruh film animasi terhadap kemampuan berbicara anak Kelompok B di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Maccini Tengah Kota Makassar?. Berdasarkan rumusan masalah tersebut maka, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kemampuan berbicara anak, sebelum dan setelah perlakuan berupa film animasi pada anak kelompok B di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Maccini Tengah Kota Makassar dan untuk mengetahui apakah ada pengaruh film animasi terhadap kemampuan berbicara anak Kelompok B di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Maccini Tengah Kota Makassar. Film animasi yang dilakukan adalah menjawab pertanyaan yang lebih kompleks. menyusun kalimat sederhana, berkomunikasi secara lisan, melanjutkan sebagian cerita yang telah diperdengarkan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen sederhana. Ada dua variabel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu variabel bebas dan variabel terikat, dengan desain penelitian yaitu One Group Pretest-Postest Design. Defenisi operasional variabel, populasi penelitian adalah seluruh anak kelompok B di TK Aisyiyah Maccini Tengah Kota Makassar, sedangkan sampel penelitian adalah kelompok B1 berjumlah 14 anak. Teknik pengumpulan data melalui teknik observasi dan dokumentasi. Prosedur pengumpulan data dilakukan melalui, perencanaan, pemberian Pretest, pemeberian perlakuan, pemberian Posttest, dan analisis hasil. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik nonparametrick dengan menggunakan uji beda Wilcoxon. Hasil kemampuan berbicara anak sebelum perlakuan berupa film animasi menunjukkan bahwa ada 11 anak didik berada pada kategori Mulai Berkembang dan tiga anak didik berada pada kategori Belum Berkembang dengan presentase. Sedangkan hasil kemampuan berbicara anak setelah perlakuan berupa film animasi menunjukkan bahwa, ada 11 anak didik berada pada kategori Berkembang Sangat Baik, dan 3 anak didik berada pada kategori Berkembang Sesuai Harapan. Ada pengaruh film animasi terhadap kemampuan berbicara anak di kelompok B1 TK Aiyiyah Maccini Tengah Kota Makassar

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 31 Jan 2023 02:50
Last Modified: 31 Jan 2023 02:50
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26917

Actions (login required)

View Item View Item