PENGARUH FILM ANIMASI TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA PADA ANAK KELOMPOK B DI PAUD TERPADU TERATAI UNM KOTA MAKASSAR

USWATUN HASANAH (2023) PENGARUH FILM ANIMASI TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA PADA ANAK KELOMPOK B DI PAUD TERPADU TERATAI UNM KOTA MAKASSAR.

[img] Text
USWATUN HASANAH.pdf

Download (4MB)

Abstract

Uswatun Hasanah, 2017. Pengaruh Film Animasi Terhadap Kemampuan Berbicara Pada Anak Kelompok B di PAUD Terpadu Teratai UNM Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Syamsuardi, S.Pd, M.Pd selaku pembimbing I dan Dr. Muh. Yusri Bachtiar, S.Pd, M.Pd selaku pembimbing II. Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu : 1. Bagaimanakah gambaran kemampuan berbicara anak dengan pengguaan media film animasi? 2. Adakah pengaruh film animasi terhadap kemampuan berbicara anak?. Adapaun tujuan penelitian ini yaitu : 1. Untuk mengetahuai gambaran kemampuan berbicara anak dengan pengguaan media film animasi. 2. Untuk mengetahui pengaruh film animasi terhadap kemampuan berbicara anak di PAUD Terpadu Teratai UNM Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan dalam peneltian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis peneltian Quasi eksperimen atau eksperimen semu dengan jumlah populasi penelitian 61 anak kelompok B, sedangkan sampel penelitian kelompok B2 sebagai kelompok eksperimen dan kelompok B1 sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan melalui teknik tes, observasi dan domkumentasi. Prosedur pengumpulan data yang dilakukan yaitu pemberian perlakuan (treatment), pemberian posstest, dan analisis hasil. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial dengan menggunakan analisis uji-t. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa film animasi berpengaruh terhadap kemampuan berbicara pada anak kelompok B di PAUD Terpadu Teratai UNM Kota Makassar. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai kemampuan berbicara anak pada kelompok eksperimen lebih tinggi dari nilai anak pada kelompok kontrol. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji-t menunjukan bahwa terdapat Pengaruh film animasi Terhadap Kemampuan berbicara pada anak kelompok B di PAUD Terpadu Teratai UNM Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 31 Jan 2023 01:49
Last Modified: 31 Jan 2023 01:49
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26910

Actions (login required)

View Item View Item