PENGARUH TEKNIK FINGER PAINTING TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK KELOMPOK A TAMAN KANAK-KANAK KECAMATAN SABBANGPARU KABUPATEN WAJO

CINDY RESKI RAHMADANI (2023) PENGARUH TEKNIK FINGER PAINTING TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK KELOMPOK A TAMAN KANAK-KANAK KECAMATAN SABBANGPARU KABUPATEN WAJO.

[img] Text
CINDY RESKI RAHMADANI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Cindy Reski Rahmadani, 2017. Pengaruh Teknik Finger Painting Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Kelompok A Taman Kanak-kanak Kecamatan Sabbangparu Kabupaten Wajo. Skripsi ini dibimbing oleh Syamsuardi, S.Pd., M.Pd sebagai pembimbing 1, dan Azizah Amal, S.S., M.Pd sebagai pembimbing 2. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Studi ini menelaah tentang Pengaruh Teknik Finger Painting Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Kelompok A Taman Kanak-kanak Kecamatan Sabbangparu. Permasalahan pokok yang dikaji yaitu perkembangan motorik halus anak kelompok A Taman Kanak-kanak Kecamatan Sabbangparu Kabupaten Wajo sebelum dan sesudah diterapkan perlakuan berupa penerapan teknik finger painting dan apakah terdapat pengaruh penerapan teknik finger painting terhadap perkembangan motorik halus anak kelompok A Taman Kanak-kanak Kecamatan Sabbangparu Kabupaten Wajo. Jenis penelitian yang digunakan adalah Pre�eksperimen design, pendekatan yang dipilih yaitu pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah Kelompok A Taman Kanak-kanak Kecamatan Sabbangparu Kabupaten Wajo. Teknik sampel yang dipilih adalah teknik cluster sampling dengan menyaring Desa/Kelurahan, kemudian menyring TK dari Desa/Kelurahan yang terpilih untuk dijadikan sampel, sehingga terpilih kelompok A PPAUD Ananda Desa Tadangpalie yang dijadikan sampel dengan jumlah 15 anak. Indikator yang digunakan yaitu membuat berbagai macam garis, mewarnai gambar, melipat sederhana dan membuat bentuk dari media plastisin. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan uji nonparametrik menggunakan uji beda Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan nilai rata-rata perkembangan motorik halus sebelum diberikan perlakuan yaitu sebesar 32.8 dan setelah diberikan perlakuan sebesar 48,27. Sedangkan pada uji nonparametrik didapat nilai T hitung yang diperoleh yaitu sebesar 120 dan T tabel 25 maka diperoleh hasil T hitung (120)˃nilai T tabel sebesar (25) maka H0 ditolak dan H1 diterima artinya ada pengaruh penerapan teknik finger painting terhadap perkembangan motorik halus anak kelompok A Taman Kanak-kanak Kecamatan Sabbangparu Kabupaten Wajo, sedangkan nilai Z hitung yang diperoleh yaitu 16,71 dan Zα/2 0,4175 maka diperoleh hasil Z (16,71) ˃ nilai Zα/2 (0,4175), maka H0 ditolah dan H1 diterima artinya ada pengaruh penerapan teknik finger painting terhadap perkembangan motorik halus anak kelompok A Taman Kanak-kanak Kecamatan Sabbangparu Kabupaten Wajo.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 31 Jan 2023 01:26
Last Modified: 31 Jan 2023 01:26
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26907

Actions (login required)

View Item View Item