PENGEMBANGAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK PADA KELOMPOK A MELALUI BERMAIN MEMANCING HURUF DI TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL II PERUMNAS CABANG KARUNRUNG KOTA MAKASSAR

NUR INTAN PRATIWI (2023) PENGEMBANGAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK PADA KELOMPOK A MELALUI BERMAIN MEMANCING HURUF DI TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL II PERUMNAS CABANG KARUNRUNG KOTA MAKASSAR.

[img] Text
sampul skripsi.docx

Download (51kB)
[img] Text
SKRIPSI.docx

Download (1MB)
[img] Text
sampul tnp hlmn.docx

Download (65kB)

Abstract

Nur Intan Pratiwi, 2017. Pengembangan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Pada Kelompok A Melalui Bermain Memancing Huruf Di Taman Kanak-Kanak Aiyiyah Bustanul Athfal II Perumnas Cabang Karunrung Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Arifin Manggau S.Pd, M.Pd dan Dr. Muhammad Akil Musi, S.Pd., M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana pengembangan kemampuan membaca permulaan anak pada kelompok A memlalui bermain memancing huruf dalam mengenal simbol-simbol huruf vocal dan konsonan serta menyebutkan dan mengelompokkan gambar yang memiliki bunyi/huruf awal yang sama?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran pengembangan kemampuan membaca permulaan anak pada kelompok A melalui bermain memancing huruf dalam mengenal simbol-simbol huruf vocal dan konsonan serta menyebutkan dan mengelompokkan gambar yang memiliki bunyi/huruf awal yang sama. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Adapun subjek penelitian yaitu Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal II Perumnas Cabang Karunrurung Kota Makassar pada kelompok A dengan jumlah anak didik sebanyak 21 orang dan 2 orang guru. Prosedur penelitian ini dilakukan dengan 3 cara yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian mengenai pengembangan kemampuan membaca permulaan anak melalui bermain memancing huruf di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal II Perumnas Cabang karunrung Kota Makassar menunjukkan bahwa melalui bermain memancing huruf dapat mengembangkan kemampuan membaca permulaan anak. Dengan permainan tersebut, maka seorang guru dapat mengetahui secara langsung dan melihat gambaran terhadap kemampuan-kemampuan yang dimiliki oleh anak didik. Bisa dilihat ada anak yang masih perlu bimbingan dan arahan dari guru serta ada pula anak yang memang belum bisa melakukan perintah guru dan ada juga anak yang sudah mandiri dalam melaksanakan perintah dari guru untuk mencapai indikator dalam pengembangan bahasa mengenai keaksaraan yang terkhusus dengan kemampuan membaca permulaan anak.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 31 Jan 2023 01:06
Last Modified: 31 Jan 2023 01:06
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26904

Actions (login required)

View Item View Item