PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS ANAK KELOMPOK B DI PAUD INARAH MAKASSAR

NUR RAHMA NUGRAHA (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS ANAK KELOMPOK B DI PAUD INARAH MAKASSAR.

[img] Text
1 SAMPUL.docx

Download (22kB)
[img] Text
3.proposal.docx

Download (95kB)
[img] Text
4.LAMPIRAN 1,2,3,4,5,6,7.docx

Download (568kB)
[img] Text
6. lampiran terakhir.docx

Download (6MB)
[img] Text
7 RIWAYAT HIDUP.docx

Download (39kB)

Abstract

Nur Rahma Nugraha, 2017. Pengaruh Penggunaan Media Kartu Kata Bergambar Terhadap Kemampuan Kosakata Bahasa Inggris Anak Kelompok B di Paud Inarah Makassar Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Dibimbing oleh Dra. Sri Sofiani, M.Pd dan Azizah Amal, SS., M.Pd. Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini yaitu adanya kesulitan yang dialami oleh anak didik kelompok B di PAUD Inarah Makassar dalam memahami kosakata bahasa Inggris seperti kesulitan dalam mengartikan suatu benda ke dalam kosakata bahasa Inggris. Rumusan masalah dalam penelitiannya yaitu: “Bagaimanakah kemampuan kosakata bahasa Inggris anak sebelum dan sesudah penggunaan media kartu kata bergambar Kelompok B di PAUD Inarah Makassar dan apakah ada atau tidak pengaruh media kartu kata bergambar terhadap kemampuan kosakata bahasa Inggris anak Kelompok B di PAUD Inarah Makassar?”. Adapun tujuan penelitian ini yaitu, “Untuk mengetahui kemampuan kosakata bahasa Inggris anak sebelum dan sesudah penggunaan media kartu kata bergambar Kelompok B di PAUD Inarah Makassar dan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh media kartu kata bergambar terhadap kemampuan kosakata bahasa Inggris anak Kelompok B di PAUD Inarah Makassar”. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen sederhana (pre-eksperimental designs) Adapun desain penelitiannya yaitu One-Group Pretest-Posttest Design dengan jumlah sampel sebanyak 15 anak. Sampel penelitian ini menggunakan teknik sampel sampling. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan melakukan teknik tes, observasi, dan dokumentasi. Prosedur pengumpulan data yang dilakukan yaitu perencanaan, pemberian pretest, pemberian perlakukan (treatment), pemberian posttest dan analisis hasil. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik nonparametrik dengan menggunakan analisis uji beda Wilcoxon. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa penggunaan media kartu kata bergambar berpengaruh terhadap kemampuan kosakata bahasa Inggris anak Kelompok B di PAUD Inarah Makassar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai kemampuan kosakata bahasa Inggris anak pada posttest berbeda dari nilai pretest

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 30 Jan 2023 03:04
Last Modified: 30 Jan 2023 03:04
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26900

Actions (login required)

View Item View Item