PENINGKATAN KREATIVITAS ANAK MELALUI MENGGAMBAR BEBAS DI TAMAN KANAK-KANAK SAHABAT ANUGRAH DI KABUPATEN GOWA

ROSDIANA RESKI (2023) PENINGKATAN KREATIVITAS ANAK MELALUI MENGGAMBAR BEBAS DI TAMAN KANAK-KANAK SAHABAT ANUGRAH DI KABUPATEN GOWA.

[img] Text
SKRIPSI ROSDIANA RESKI.docx

Download (4MB)

Abstract

Rosdiana Reski, 2016. Peningkatan Kreativitas Anak Melalui Menggambar Bebas Di Taman Kanak-Kanak Sahabat Anugrah Di Kabupaten Gowa. Skripsi dibimbing oleh Azizah Amal, SS, M.Pd dan Syamsuardi, S.Pd, M.Pd. Program Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan kreativitas anak melalui menggambar bebas di Taman Kanak-Kanak Sahabat Anugrah di Kabupaten Gowa. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek peneleitian adalah guru dan anak didik kelompok B yang berjumlah 14 orang terdidiri dari 9 laki-laki dan 5 perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi, teknik analisis data dengan analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan aktivitas guru dan aktivitas belajar anak didik. Pada aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar anak didik mengalami peningkatan. Pada aktivitas belajar anak didik, pada siklus I menunjukkan bahwa dari 14 anak didik, hanya 7 orang yang mampu sedangkan siklus II, Aktivitas belajar anak mengalami peningkatan karena dari 14 anak didik terdapat 12 anak didik. Maka dapat disimpulkan bahwa melalui menggambar bebas dalam pembelajaran anak TK Sahabat Anugrah di Kabupaten Gowa dapat meningkat.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 30 Jan 2023 01:27
Last Modified: 30 Jan 2023 01:27
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26892

Actions (login required)

View Item View Item