PENERAPAN KEGIATAN BERMAIN BALOK KONSTRUKTIF DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN PADA ANAK KELOMPOK B DI TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH V TODDOPULI KOTA MAKASSAR

SYARIPAH ASMA ALIMUDDIN (2023) PENERAPAN KEGIATAN BERMAIN BALOK KONSTRUKTIF DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN PADA ANAK KELOMPOK B DI TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH V TODDOPULI KOTA MAKASSAR.

[img] Text
8 Sampul dan Pernyataan Keaslian.docx

Download (87kB)
[img] Text
3. BAB I DAN III.rtf

Download (2MB)
[img] Text
4. HASIL PENELITIAN.rtf

Download (301kB)

Abstract

SYARIPAH ASMA ALIMUDDIN. 2017. Skripsi. Penerapan Kegiatan Bermain Balok Konstruktif Dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Pada Anak Kelompok B di Taman Kanak-Kanak Aisyiah V Toddopuli Kota Makassar. Dibimbing oleh Herman, S.Pd., M.Pd dan Dr. Muhammad Yusri Bactiar, M.Pd Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah Penerapan Kegiatan Bermain Balok Konstruktif Dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Pada Anak Kelompok B di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah V Toddopuli Kota Makassar. tujuan penelitian adalah untuk mengetahui Penerapan Kegiatan Bermain Balok Konstruktif Dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Pada Anak Kelompok B di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah V Toddopuli Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penelitian 15 anak didik dan 1 orang guru. Fokus penelitian adalah konsep bilangan dan bermain konstruktif. Teknik pengumpulan data yaitu observasi dan wawancara. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian kemampuan anak dalam membilang/menyebutkan urutan bilangan dari 1 sampai 10 pada siklus I hanya 2 anak yang memperoleh kategori berkembang sesuai harapan (BSH) 1 anak yang memperoleh kategori berkembang sangat baik (BSB) pada siklus II 3 anak kategori berkembang sesuai harapan (BSH) dan 12 anak didik kategori berkembang sangan baik (BSB). Untuk indikator membilang dengan menunjukkan benda (mengenal konsep bilangan dengan banda) 1-5 dari 15 anak didik 3 anak kategori berkembang sesuai harapan (BSH) dan 2 anak kategori berkembnag sangan baik (BSB) untuk siklus II, 4 anak kategori berkembang sesuai harapan (BSH) dan 11 anak kategori berkembang sangat baik (BSB). Berdasarkan data tersebut maka dapat disimpulkan bahwa bermain konstruktif dapat meningkatkan kemampuan konsep bilangan anak Pada Anak Kelompok B di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah V Toddopuli Kota Makassar

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 27 Jan 2023 07:20
Last Modified: 27 Jan 2023 07:20
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26861

Actions (login required)

View Item View Item