PENGARUH KEGIATAN MERANGKAI CERITA BERGAMBAR DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN LINGUISTIK PADA ANAK TAMAN KANAK-KANAK PERTIWI TUMBU KECAMATAN TOPOYO KABUBATEN MAMUJU TENGAH

NURMIASARI (2023) PENGARUH KEGIATAN MERANGKAI CERITA BERGAMBAR DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN LINGUISTIK PADA ANAK TAMAN KANAK-KANAK PERTIWI TUMBU KECAMATAN TOPOYO KABUBATEN MAMUJU TENGAH.

[img] Text
FILE SKRIPSI NURMI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Nurmiasari.2017. Pengaruh Kegiatan Merangkai Cerita Bergambar Dalam Meningkatkan Kecerdasan Linguistik Anak di Kelompok B Taman Kanak-kanak Pertiwi Tumbu Kecamatan Topoyo Kabupaten Mamuju Tengah. Skripsi.di bimbing oleh Drs. Mufa’adi, M.Si. dan Hajerah, S. Pd.I, M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah penilitian ini adalah rendahnya kercerdasan linguistik anak kelompok B di TK Pertiwi Tumbu Kecamatan Topoyo Kecamatan Mamuju Tengah. Rumusan masalah adalah 1) bagaimanakah kecerdasan linguistik anak sebelum kegiatan merangkai cerita bergambar kelompok B di Taman Kanak-Kanak Pertiwi Tumbu Kecamatan Topoyo Kabupaten Mamuju Tengah, 2) bagaimanakah kecerdasan lingustik anak sesudah melakukan kegiatan merangkai cerita bergambar kelompok B di Taman Kanak-Kanak Pertiwi Tumbu Kecamatan Topoyo Kabupaten Mamuju Tengah, 3) apakah terdapat pengaruh kegiatan merangkai cerita bergambar terhadap peningkatan kecerdasan linguistik anak kelompok B di Taman Kanak-Kanak Pertiwi Tumbu Kecamatan Topoyo Kabupaten Mamuju Tengah. Tujuan 1) untuk mengetahui kercerdasan linguistik anak sebelum kegiatan merangkai cerita bergambar di Taman Kanak-Kanak Pertiwi Tumbu, 2) untuk mengetahui kecerdasan linguistik sesudah melakukan kegiatan merangkai cerita bergambar di Taman Kanak-Kanak Pertiwi Tumbu, 3) apakah ada pengaruh kegiatan merangkai cerita bergambar terhadap kecerdasan linguistik anak di Taman Kanak-Kanak Pertiwi Tumbu. Penelitian ini mengunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan menggunakan jenis penelitian pre�eksperimen. Sampel penilitiannya 23 anak yang terdiri dari laki-laki 10 0rang dan perempuan 13 orang. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah tehnik tes kecerdasan linguistik. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskripsi dan uji non parametrik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ho ditolak dan H1 diterima artinya ada pengaruh kegiatan merangkai cerita bergambar terhadap kecerdasan linguistik anak Kelompok B Taman Kanak-kanak Pertiwi Tumbu Kecamatan Topoyo Kabupaten Mamuju Tengah. Kesimpulan adalah kegiatan merangkai cerita bergambar dapat mempengaruhi kecerdasan linguistik anak kelompok B di Taman Kanak-kanak Pertiwi Tumbu Kabupaten Mamuju Tengah berada pada kategori baik.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 27 Jan 2023 06:57
Last Modified: 27 Jan 2023 06:57
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26857

Actions (login required)

View Item View Item