PENINGKATAN KEMAMPUAN MENIRUKAN GERAKAN SHALAT MELALUI PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PADA ANAK KELOMPOK B DI RAUDHATUL ATHFAL AL-MUBARAKH KECAMATAN TALLO KOTA MAKASSAR

YUSNI BAHARUDDIN (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENIRUKAN GERAKAN SHALAT MELALUI PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PADA ANAK KELOMPOK B DI RAUDHATUL ATHFAL AL-MUBARAKH KECAMATAN TALLO KOTA MAKASSAR.

[img] Text
Bismillah-Proposal-Peningkatan-Kemampuan-Gerakan-Shalat-Melalui-Media-Video.docx

Download (136kB)

Abstract

Yusni Baharuddin, 2017. Peningkatan Kemampuan Menirukan Gerakan Shalat Melalui Penggunaan Media Video pada Kelompok B di RA Al-Mubarakh Kecamatan Tallo Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Kartini Marzuki, M.Si, dan Dr. Muhammad Akil Musi, S.Pd.,M.Pd. Pendidikan Guru pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah peneliti adalah bagaimanakah peningkatan kemampuan menirukan gerakan shalat melalui penggunaan media video pada anak kelompok B di RA Al-Mubarakh Kecamatan Tallo Kota Makassar. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan kemampuan menirukan gerakan shalat melalui penggunaan media video pada anak kelompok B di RA Al-Mubarakh Kecamatan Tallo Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian sebanyak 10 orang anak didik dan 1 orang guru, dengan penggumpulan data menggunakan observasi, tes perlakuan, dan dokumentasi, sedangkan analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan menirukan gerakan shalat dapat meningkat melalui penggunaan media video di RA Al-Mubarakh Kecamatan Tallo Kota Makassar. Kemampuan anak menirukan gerakan shalat pada siklus pertama dalam kategori MB (Mulai Berkembang), siklus kedua dalam kategori BSH (Berkembang Sesuai harapan), Kemudian siklus ketiga pada kategori BSB (Berkembang Sangat Baik) ditinjau dari aspek kemampuan berdiri tegak menghadap kiblat, takbiratul ihram, ru`ku, i`tidal, sujud, duduk diantara dua sujud, duduk tasyahud awal, duduk tasyahud akhir, dan salam. Kemampuan anak menirukan gerakan shalat didukung oleh penerapan penggunaan media video secara konsistem sesuai langkah-langkah penggunaan media video, dan peningkatan aktivitas belajar anak dalam menyimak penjelasan guru, menirukan gerakan shalat, sikap kritis dalam menirukan gerakan shalat, keaktifan bertanya jawab dengan sesama teman dan guru.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 27 Jan 2023 06:43
Last Modified: 27 Jan 2023 06:43
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26855

Actions (login required)

View Item View Item