PENERAPAN KEGIATAN FINGER PAINTING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK DI KELOMPOK B TAMAN KANAK-KANAK MINASA UPA KOTA MAKASSAR

NURLAILA (2023) PENERAPAN KEGIATAN FINGER PAINTING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK DI KELOMPOK B TAMAN KANAK-KANAK MINASA UPA KOTA MAKASSAR.

[img] Text
sampul bu lela.docx

Download (51kB)
[img] Text
bu lela.docx

Download (1MB)

Abstract

NURLAILA, 2017. Penerapan Kegiatan Finger Painting Dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Di Kelompok B Taman Kanak-Kanak Minasa Upa Kota Makassar. Pengembangan pembelajaran dibimbing oleh Bapak Herman, S.Pd, M.Pd., dan Bapak Dr. Muh. Yusri Bachtiar, M.Pd. program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah Penerapan Kegiatan Finger Painting Dalam Meningkatkan Kemampuan Fisik Motorik Halus Anak Di Kelompok B Taman Kanak-Kanak Minasa Upa Kota Makassar?”. Tujuan pengembangan pembelajaran ini untuk Untuk Meningkatkan Kemampuan Fisik Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Finger Painting Di Kelompok B Taman Kanak-Kanak Minasa Upa Kota Makassar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, yang terdiri dari empat (4) komponen dalam setiap pertemuan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek dalam pengembangan pembelajaran ini adalah 1 orang guru dan anak didik kelompok B yang berjumlah 19 orang, yang terdiri dari 10 orang anak laki-laki dan 9 orang anak perempuan. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi. Data kemudian dianalisis secara kualitatif melalui tahap penyelidikan, penyajian dan penarikan kesimpulan. Hasil yang dicapai setelah pengembangan kegiatan melukis menunjukan pengembangan kreativitas anak. Anak telah mengalami kelancaran, keluwesan, keaslian fikiran dalam menggunakan adonan warna pada kegiatan finger painting. Sebagai kesimpulan, penerapan kegiatan finger painting dapat meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak didik kelompok B di Taman Kanak-Kanak Minasa Upa Makassar. Karena itu, kegiatan finger painting direkomendasikan untuk dijadikan alternatif tindakan dalam pengembangan pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 27 Jan 2023 03:21
Last Modified: 27 Jan 2023 03:21
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26845

Actions (login required)

View Item View Item