PENGARUH METODE BERCAKAP-CAKAP TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI ANAK KELOMPOK B DI TAMAN KANAK-KANAK PERTIWI MAROANGIN KABUPATEN ENREKANG

HASNAINI (2023) PENGARUH METODE BERCAKAP-CAKAP TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI ANAK KELOMPOK B DI TAMAN KANAK-KANAK PERTIWI MAROANGIN KABUPATEN ENREKANG.

[img] Text
NHENY SKRIPSI.docx

Download (1MB)

Abstract

Hasnaini. 2017. Pengaruh Metode Bercakap-Cakap Terhadap Kemampuan Komunikasi Anak Kelompok B Di Taman Kanak-Kanak Pertiwi Maroangin Kabupaten Enrekang. Skripsi ini dibimbing oleh Azizah Amal, S.S, M.Pd dan Hajerah, S.Pd.I, M.Pd. Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah gambaran kemampuan komunikasi pada anak kelompok B di Taman Kanak-Kanak Pertiwi Maroangin Kabupaten Enrekang sebelum diberikan perlakuan?Bagaimanakah gambaran kemampuan komunikasi pada anak kelompok B di Taman Kanak-Kanak Pertiwi Maroangin Kabupaten Enrekang setelah diberikan perlakuan?Apakah ada pengaruh metode bercakap-cakapterhadap kemampuan komunikasi anak kelompok B di Taman Kanak-kanak Pertiwi Maroangin Kabupaten Enrekang? Berdasarkan rumusan masalah di atas, maka penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui gambaran kemampuan komunikasi pada anak kelompok B di Taman Kanak-kanak Pertiwi Maroangin Kabupaten Enrekang sebelum diberikan perlakuan. Gambaran kemampuan komunikasi pada anak kelompok B di Taman Kanak-kanak Pertiwi Maroangin Kabupaten Enrekang setelah diberikan perlakuan. Pengaruh metode bercakap-cakapterhadap kemampuan komunikasi anak kelompok B di Taman Kanak-kanak Pertiwi Maroangin Kabupaten Enrekang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan jenis penelitian pre-eksperimen design.Sampel penelitian ini berjumlah 19 orang anak. Indikator dalam penelitian ini adalah Mengungkapkan keinginan, perasaaan, dan pendapat dengan kalimat sederhana dalam berkomunikasi dengan anak atau orang dewasa, Menunjukkan perilaku senang membaca buku terhadap buku-buku yang dikenalinya, Mengungkapkan perasaan, ide dengan pilihan kata yang sesuai ketika berkomunikasi. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan uji non parametrik menggunakan uji beda Wilcoxon.Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode bercakap-cakap dapat berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi anak Kelompok B Taman di Taman Kanak-Kanak Pertiwi Maroangin Kabupaten Enrekang.Perbedaan sebelum penggunaan metode bercakap-cakap kemampuan komunikasi anak Kelompok B Taman di Taman Kanak-Kanak Pertiwi Maroangin Kabupaten Enrekang berada pada kategori kurang sedangkan setelah penggunaan metode bercakap-cakap kemampuan komunikasi anak Kelompok B di Taman Taman Kanak-Kanak Pertiwi Maroangin Kabupaten Enrekang berada pada kategori baik.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 27 Jan 2023 03:16
Last Modified: 27 Jan 2023 03:16
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26844

Actions (login required)

View Item View Item