Meningkatkan Kecerdasan Visual Spasial Anak Melalui Media Puzzle Gambar Kelompok B di TK Aisyiyah IV Katangka Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa.

SITTI ADRIANY. R. (2023) Meningkatkan Kecerdasan Visual Spasial Anak Melalui Media Puzzle Gambar Kelompok B di TK Aisyiyah IV Katangka Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa.

[img] Text
Sampul Skrip.docx

Download (37kB)
[img] Text
abstrak.docx

Download (30kB)
[img] Text
Bab I-V.docx

Download (138kB)
[img] Text
Cerita Gambar.docx

Download (2MB)

Abstract

SITTI ADRIANY. R. 2017. Meningkatkan Kecerdasan Visual Spasial Anak Melalui Media Puzzle Gambar Kelompok B di TK Aisyiyah IV Katangka Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa. Skripsi ini dibimbing oleh Dr. Parwoto, M. Pd dan Hajerah, S.Pd,I, M.Pd. pada Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD) Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian adalah bagaimanakah meningkatkan kecerdasan visual spasial melalui media puzzle gambar di Kelompok B di TK Aisyiyah IV Katangka Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa?”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana meningkatkan kecerdasan visual spasial melalui media puzzle gambar kelompok B di TK Aisyiyah IV Katangka Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dan kuantitatif dan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Fokus dalam penelitian adalah kecerdasan visual spasial menggunakan media Puzzle gambar. Setting penelitian dilaksanakan di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah IV Katangka Kecamatan Somba Opu Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa dengan subjek penelitian adalah anak didik sebanyak 17 orang yang terdiri dari dari 11 anak laki-laki ndan 6 anak perempuan serta satu orang guru. Penelitian ini dilaksanakan melalui 2 siklus, masing-masing siklus dilakukan melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Tehnik pengumpulan data dengan observasi. Analisis data yang digunakan adalah tehnik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian terhadap guru menunjukkan bahwa pemahaman guru dalam pengembangan kecerdasan visual spasial mengalami peningkatan yang berarti, begitu juga dengan partisipasi anak meningkat, terlihat pada siklus I dalam hal menyusun kepingan puzzle menjadi bentuk utuh (lebih 8 kepingan) dalam hal ini jumlah anak yang belum berkembang 0%, mulai berkembang 35,29%, berkembang sesuai harapan 52,95%, berkembang angat baik 11,76%. Kemudian pada siklus kedua dalam hal menyusun kepingan puzzle menjadi bentuk utuh (lebih 8 kepingan) dalam hal ini jumlah anak yang belum berkembang 0%, mulai berkembang 5,88%, berkembang sesuai harapan 29,41%, berkembang sangat baik 64,71%.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 27 Jan 2023 03:13
Last Modified: 27 Jan 2023 03:13
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26843

Actions (login required)

View Item View Item