PENINGKATAN KREATIVITAS ANAK MELALUI KEGIATAN MOZAIK DI TAMAN KANAK-KANAK AMANAH ANTANG KECAMATAN MANGGALA MAKASSAR KOTA MAKASSAR

BAHRAH (2023) PENINGKATAN KREATIVITAS ANAK MELALUI KEGIATAN MOZAIK DI TAMAN KANAK-KANAK AMANAH ANTANG KECAMATAN MANGGALA MAKASSAR KOTA MAKASSAR.

[img] Text
SKIRPSI.docx

Download (4MB)

Abstract

Bahrah. 2017. Peningkatan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Mozaik Di Taman Kanak-Kanak Amanah Antang Kecamatan Manggala Kota Makassar. Skripsi. Di bimbing oleh Dra.Sri Sofiani, M.pd dan Arifin Manggau, S.pd.,M.pd. Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini membahas Peningkatan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Mozaik pada anak didik kelompok B1 Taman Kanak-Kanak Amanah Antang Kota Makasssar. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana peningkatan kreativitas anak melalui kegiatan mozaik pada anak didik kelompok B1 Taman Kanak-Kanak Amanah Antang Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kreativitas anak usia dini melalui kegiatan mozaik pada anak didik B1 Taman Kanak-Kanak Amanah Antang Kota Makassar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas ini adalah anak Taman Kanak-Kanak Amanah Antang Kota Makassar. Kelompok B1 yang berjumlah 13 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Teknik Observasi dan dokumentasi dengan mengumpulkan data yang diperlukan. Prosedur penelitian ini dilaksanakan dengan dua siklus, setiap siklus dilaksanakan dalam dua kali pertemuan dengan design penelitian terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis data kualitatif. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan peningkatan kreativitas anak belum maksimal Hal ini disebabkan langkah-langkah guru dalam melaksanakan kegiatan mozaik masih kurang, sehingga dilanjutkan ke siklus II dengan memperbaiki kekurangan pada siklus I. Hasil dari siklus II menunjukkan peningkatan krativitas anak telah mencapai standar yang diharapkan. Hal ini dikarenakan langkah-langkah guru dalam melaksanakan kegiatan mozaik telah dilaksanakan guru dengan baik, sehingga kreativitas anak meningkat dengan baik dimana anak telah mampu menciptakan ide/ gagasan baru ke dalam karyanya dan anak telah mampu menghasilkan karya unik dan menarik melalui kegiatan mozaik, maka penelitian ini dihentikan pada siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kreativitas anak pada kelompok B1 Taman Kanak-Kanak Amanah Antang Kota Makassar mengalami peningkatan dengan baik melalui kegiatan mozaik.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 26 Jan 2023 08:27
Last Modified: 26 Jan 2023 08:27
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26828

Actions (login required)

View Item View Item