Hilda Halim. (2023) Penerapan Bermain Tradisional Egrang Dalam Meningkatkan Motorik Kasar Anak Kelompok B Di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Maccini Tengah Kota Makassar.
Text
Sampul.docx Download (26kB) |
||
Text
Motto.docx Download (17kB) |
||
Text
ABSTRAK.docx Download (20kB) |
||
Text
PRAKATA.docx Download (21kB) |
||
Text
DAFTAR IS1.docx Download (23kB) |
||
Text
DAFTAR TABEL.docx Download (17kB) |
||
Text
DAFTAR LAMPIRAN.docx Download (18kB) |
||
Text
Skripsi.docx Download (198kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAK1.docx Download (19kB) |
||
Text
lembar observasi siklus I.docx Download (50kB) |
||
Text
LEMBAR OBSERVASI SIKLUS II.docx Download (108kB) |
||
Text
LEMBR OBSEVSI SIKLS III.docx Download (30kB) |
||
|
Image
IMG20170118101443.jpg Download (4MB) | Preview |
|
|
Image
IMG20170118101447.jpg Download (4MB) | Preview |
|
|
Image
IMG20170126094648.jpg Download (1MB) | Preview |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.docx Download (65kB) |
Abstract
Hilda Halim.2017 Penerapan Bermain Tradisional Egrang Dalam Meningkatkan Motorik Kasar Anak Kelompok B Di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Maccini Tengah Kota Makassar. Skripsi ini dibimbing oleh Herman. S.Pd., M.Pd. selaku pembimbing pertama dan Dr. Muhammad Yusri Bachtiar. SP.d., M.Pd. selaku pembimbing kedua. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Masalah dari penelitian ini adalah bagaimanakah Menerapkan Bermain Tradisional Egrang Dalam Meningkatkan Kemampuan Motori Kasar Anak Kelompok B Di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Maccini Tengah Kota Makassar. Tujuan penelitian ini untuk Meningkatkan Kemampuan Motori Kasar Anak Melalui Bermain Tradisional Egrang Kelompok B Di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Maccini Tengah Kota Makassar. Pendekatan dan jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Fokus penelitian ini mengkaji kemampuan motorik kasar anak dan bermain tradisional egrang. Subjek penelitian yaitu anak kelompok B3 dengan jumlah anak didik sebanyak 15 orang, terdiri dari 7 laki-laki dan 8 perempuan serta 1 guru. Pelaksanaan tindakan terdiri dari tiga siklus, tiap siklus dilaksanakan melalui tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil pada siklus I peningkatan kemampuan motorik kasar anak melalui bermain egrang masih berada pada kategori belum berkembang, siklus II menunjukkan kategori masih mulai berkembang, siklus III menunjukkan pada kategori berkembang sesuai harapan. Dengan menerapkan permainan tradisional egrang dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar anak di kelompok B TK. Aisyiyah Maccini Tengah Kota Makassar.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 26 Jan 2023 08:12 |
Last Modified: | 26 Jan 2023 08:12 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26824 |
Actions (login required)
View Item |