PENGARUH METODE EDUTAINMENT TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN ANAK USIA DINI PADAKELOMPOK B TK KEMALABHAYANGKARI KEC.ENREKANG KAB. ENREKANG

FEBRIANTI SRIRAMADHANI (2023) PENGARUH METODE EDUTAINMENT TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN ANAK USIA DINI PADAKELOMPOK B TK KEMALABHAYANGKARI KEC.ENREKANG KAB. ENREKANG.

[img] Text
SKRIPSI FEBRIANTI SRIRAMADHANI.docx

Download (3MB)

Abstract

Febrianti Sriramadhani,2016. Pengaruh metode edutainment terhadap kemampuan berhitung permulaan anak usia dini kelompok B di Taman Kanak˗Kanak Kemala Bhayangkari Kecamatan Enrekang Kabupaten Enrekang. Skripsi di bimbing oleh Drs. Mufa’adi, M.Si dan Hajerah, S.Pd.I., M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Studi ini menelaah tentang pengaruh metode edutainment terhadap kemampuan berhitung permulaan anak kelompok B di TK Kemala Bhyangkari Kabupaten Enrekang sebelum dan sesudah diberikan perlakuan berupa metode edutainment. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berhitung permulaan anak usia dini di pada kelompok B TK Kemala Bhayangkari Kabupaten Enrekang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pengaruh metode edutainment terhadap kemampuan berhitung permulaan anak usia dini kelompok B TK Kemala Bhayangkari Kabupaten Enrekang dan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode edutainment terhadap kemampuan berhitung permulaan anak kelompok B TK Kemala Bhayangkari Kabupaten Enrekang. Jenis penelitian yang digunakan adalah Pre˗eksperimen design, pendekatan yang dipilih yaitu pendekatan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini terdapat 14 anak, dimana terdapat anak laki-laki dan 8 anak perempuan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik sampling jenuh. Lokasi dari penelitian ini berlokasi di TK Kemala Bhayangkari Kabupaten Enrekang Kecamatan Enrekang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang diigunakan adalah statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan kemampuan berhitung permulaan sebelum dan sesudah menggunakan metode edutainment terhadap kemampuan berhitung permulaan anak usia dini kelompok B TK Kemala Bhayangkari Kabupaten Enrekang. Pembahasan dari penelitian ini adalah sebelum penggunaan metode edutainment maka kemampuan berhitung permulaan anak berada pada kategori cukup, tetapi setelah penggunaan metode edutainment kemampuan berhitung permulaan anak berada pada kategori baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode edutainment memiliki pengaruh terhadap kemampuan berhitung permulaan anak kelompok B TK Kemala Bhayangkari Kabupaten Enrekang

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 26 Jan 2023 08:04
Last Modified: 26 Jan 2023 08:04
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26823

Actions (login required)

View Item View Item