PENGARUH METODE TPR (TOTAL PHYSICAL RESPONSE) TERHADAP PENINGKATAN KECERDASAN LINGUSITIK ANAK USIA DINI PADA KELOMPOK B TK RAHMAH KECAMATAN RAPPOCINIKOTA MAKASSAR

NOVIANI (2023) PENGARUH METODE TPR (TOTAL PHYSICAL RESPONSE) TERHADAP PENINGKATAN KECERDASAN LINGUSITIK ANAK USIA DINI PADA KELOMPOK B TK RAHMAH KECAMATAN RAPPOCINIKOTA MAKASSAR.

[img] Text
SKRIPSI LENGKAP.docx

Download (1MB)

Abstract

Noviani, 2016. Pengaruh Metode TPR (Total Physical Response) terhadap Peningkatan Kecerdasan Linguistik Anak Usia Dini Kelompok B TK Rahmah Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Dibimbing oleh Dr.Bastiana. M.Si. dan Hajerah, S.Pd.I, M.Pd Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Studi ini menelaah tentang Pengaruh metode TPR (total physical response) terhadap peningkatan kecerdasan linguistik anak usia dini kelompok B TK Rahmah Kecamatan Rappocini Makassar. Permasalahan pokok yang dikaji adalah apakah ada pengaruh sebelum dan sesudah penerapan metode TPR (total physical response ) terhadap meningkatkan kecerdasan linguistik anak pada kelompok B TK Rahmah. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis pre-experimental dan desain penelitian one group pretest-posttest. Subyek penelitian berjumlah 27 anak. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dengan alat penilaian berupa lembar observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan statistik non-parametrik uji jenjang bertanda Wilcoxon (wilcoxon match pairs test), dengan rumus T hitung > T tabel dan Z hitung > Z tabel. Berdasarkan hasil analisis data tentang kecerdasan linguistik-verbal pada saat observasi awal (pre-test) dan observasi setelah perlakuan (post-test) menggunakan metode TPR (Total Physical Response) menunjukkan bahwa nilai rata-rata kecerdasan linguistik anak sebelum menggunakan metode TPR termasuk dalam kategori cukup. Sedangkan setelah menggunakan metode TPR pada anak usia dini kelompok B TK Rahmah Kecamata Rappocini Kota Makassar mengalami peningkatan menjadi kategori baik. Hal ini dapat diartikan bahwa adanya pengaruh metode TPR (Total Physical Response) terhadap peningkatan kecerdasan linguistik anak usia dini kelompok B TK Rahmah Kecamatan Rappocini Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 26 Jan 2023 08:01
Last Modified: 26 Jan 2023 08:01
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26822

Actions (login required)

View Item View Item