PENERAPAN MEDIA INSTAGRAM REELS DALAM PEMBELAJARAN PRAKTEK TARI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PADA SISWA KELAS X SMAN 5 SIDRAP

NISA R., ZAHRATUN (2022) PENERAPAN MEDIA INSTAGRAM REELS DALAM PEMBELAJARAN PRAKTEK TARI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PADA SISWA KELAS X SMAN 5 SIDRAP. S1 thesis, Fakultas Seni dan Desain.

[img] Text
Artikel ZAHRATUN NISA_1882041012 - Zahratun Nisa_r.pdf

Download (284kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan metode pendekatan kualitatif dan kuantitatif Pada pembelajaran ini dilakukan 2 siklus. Setiap siklusnya terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini bertujuan agar siswa dapat meningkatkan keterampilan praktek tari pada siswa kelas X SMAN 5 Sidrap. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 5 Sidrap. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah : (1) Bagaimana penerapan media Instagram Reels dalam pembelajaran praktek dasar-dasar tari tradisional pada Siswa Kelas X SMAN 5 Sidrap (2)Bagaimana hasil pembelajaran pada penerapan media instagram reels dalam praktek tari pada Siswa Kelas X SMAN 5 Sidrap. Teknik pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini berupa observasi, tes praktek dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa (1) Penerapan media Instagram Reels dalam pembelajaran praktek dasar-dasar tari tradisional pada Siswa Kelas X SMAN 5 Sidrap dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II dengan empat tahap yaitu, tahap perencanaan, tahap tindakan, pengamatan dan refleksi. Setelah dilakukannya 2 siklus telah terjadi peningkatan dalam pembelajaran praktek dasar-dasar tari Sulawesi selatan dengan penerapan media Instagram reels pada siswa yang dapat dilihat dari penilaian hasil tes praktek yang terdiri atas aspek: wirasa,wirama, dan wiraga. (2) Peningkatan keterampilan menari siswa kelas X SMAN 5 Sidrap dalam penerapan media Instagram reels pada pembelajaran tari telah dibuktikan dari hasil evaluasi dari prasiklus sampai siklus II. Pada prasiklus dari 21 siswa terdapat 38,08% atau 8 siswa yang mencapai nilai KKM dan 57,14% atau 12 siswa yang belum mencapai nilai KKM, adapun skor tetinggi pada penilaian prasiklus adalah 83 dan yang terendah adalah 34. Kemudian pada siklus I dari 21 siswa terdapat 52,38% atau 11 siswa yang mencapai nilai KKM dan 47,61% atau 10 siswa yang belum mencapai nilai KKM, dan pada siklus II 21 siswa terdapat 80,95% atau 17 siswa yang mencapai nilai KKM dan 19,04% atau 4 siswa yang belum mencapai nilai KKM, adapun skor tetinggi pada penilaian siklus II adalah 100 dan yang terendah adalah 50. Kata Kunci: Instagram, Reels, dan Dasar-Dasar Tari Sulawesi Selatan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan sendratasik
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustaka FSD yayu
Date Deposited: 27 Jan 2023 07:26
Last Modified: 27 Jan 2023 07:26
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26820

Actions (login required)

View Item View Item