PENERAPAN TARI SUMAJO UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN TARI TRADISIONAL MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SMA NEGERI 8 LUWU UTARA

PRATAMA SAPUTRA. A, YHUGI (2022) PENERAPAN TARI SUMAJO UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN TARI TRADISIONAL MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SMA NEGERI 8 LUWU UTARA. S1 thesis, Fakultas Seni dan Desain.

[img] Text
Artikel Yhugii 2 - Yhugi Pratama.pdf

Download (318kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Adapun Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu teknik observasi, teknik wawancara, dokumentasi dan tes praktek. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) siswa dapat menerapkan tari Sumajo dengan baik. Dapat kita lihat dari hasil penelialain pengetahuan dan keterampilan yang terdiri dari 3 aspek yaitu: wiraga, wirasa dan wirama. (2) berdasarkan hasil penilaian penelitian maka dari 9 orang siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler seni tari, berdasarkan hasil perbandingan penilaian pengetahuan dan keterampilan, menunjukkan pada prasiklus dan siklus I, peningkatan pemahaman siswa dalan menerapkan tari sumajo belum memenuhi standar KKM setelah dilakukan tindakan pada siklus II. Dalam penilaian pengetahuan, kemampuan siswa dalam memahami tari Sumajo meningkat yang dapat dilihat peningkatan sebesar 77,7% dari siklus I. sedangkan penilaian keterampilan sebesar 44,4% dari siklus I. Maka dari itu dapat dijabarkan dari hasil tes penilaian untuk meningkatkan pemahaman tari tradisional dengan penerapan tari Sumajo yang telah dilaksanakan pada siklus II ini, 100% atau sekitar 9 siswa dinyatakan tuntas dan 0% atau 0 siswa dinyatakan tidak tuntas. Kata Kunci : Tari Tradisional, Tari Sumajo, Ekstrakurikuler.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan sendratasik
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustaka FSD yayu
Date Deposited: 27 Jan 2023 07:26
Last Modified: 27 Jan 2023 07:26
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26818

Actions (login required)

View Item View Item