PENGARUH PERMAINAN TEKA-TEKI GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN KLASIFIKASI SEDERHANA ANAK KELOMPOK B DI TK DARMAWANITA TOMPOLANDO KECAMATAN BANGKALA KABUPATEN JENEPONTO

MAGFIRAH RAMLI TOMPO (2023) PENGARUH PERMAINAN TEKA-TEKI GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN KLASIFIKASI SEDERHANA ANAK KELOMPOK B DI TK DARMAWANITA TOMPOLANDO KECAMATAN BANGKALA KABUPATEN JENEPONTO.

[img] Text
1.sampul.docx

Download (55kB)
[img] Text
2.isi.docx

Download (84kB)
[img] Text
1.docx

Download (37kB)
[img] Text
2.docx

Download (63kB)
[img] Text
3.docx

Download (53kB)
[img] Text
4.docx

Download (803kB)
[img] Text
5.docx

Download (31kB)

Abstract

Magfirah Ramli Tompo. 2016. Pengaruh Permainan Teka- teki terhadap kemampuan Klasifikasi Sederhana Anak di TK Darmawanita Tompolando Kec. Bangkala, Kab. Jeneponto. Skripsi ini Di bimbing oleh Drs. Mufa’adi, M.Si dan Hajerah, S.Pd.I, M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Makassar. Penelitian ini dilandasi oleh kenyataan di lapangan yang menunjukkan bahwa Rendahnya kemampuan anak dalam hal mengklasifikasikan benda secara sederhana di kelompok B TK Darmawanita Tompolando Kec. Bangkala, Kab. Jeneponto. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu bagaimana pengaruh permainan Teka-teki terhadap kemampuan Klasifikasi Sederhana Anak pada kelompok B di TK Darmawanita Tompolando Kec. Bangkala, Kab. Jeneponto. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh permainan Teka-Teki gambar terhadap kemampuan Klasifikasi sederhana anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian yang digunakan adalah Pra- Eksperimen. Desain penelitian adalah one-group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak didik di TK Darmawanita Tompolando Kec. Bangkala, Kab. Jeneponto. sampel penelitian ini sebanyak enam belas anak yang terdiri dari tujuh orang laki-laki dan sembilan orang perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan dokumentasi, Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan analisis statistik nonparametrik. Nilai kemampuan klasifikasi sederhana anak sebelum perlakuan masih sangat rendah karena belum mampu mengklasifikasikan benda secara sederhana dan setelah diberi perlakuan kemampuan anak mulai meningkat anak sudah mampu mengklasifikasikan benda secara sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada perbedaan nilai kemampuan klasifikasi sederhana anak sebelum dan sesudah diberi perlakuan permainan teka-teki gambar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 26 Jan 2023 07:09
Last Modified: 26 Jan 2023 07:09
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26816

Actions (login required)

View Item View Item