PENGARUH KEGIATAN SENAM TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK TAMAN KANAK-KANAK DHARMA WANITA SMP NEGERI 1 MAJAULENG KABUPATEN WAJO

NUR AMALAH FIRMAN (2023) PENGARUH KEGIATAN SENAM TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK TAMAN KANAK-KANAK DHARMA WANITA SMP NEGERI 1 MAJAULENG KABUPATEN WAJO.

[img] Text
NUR AMALAH FIRMAN.doc

Download (10MB)

Abstract

NUR AMALAH FIRMAN, 2016. Pengaruh kegiatan senam terhadap kemampuan motorik kasar anak di Taman Kanak-Kanak Dharma Wanita SMP Negeri 1 Majauleng. Skripsi ini dibimbing oleh pembimbing 1 Ibu Dra. Sri Sofiani, M.Pd dan pembimbing 2 Ibu Hajerah, S.Pd.I, M.Pd, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini yaitu adanya kesulitan yang dialami oleh anak didik di TK Dharma Wanita SMPN 1 Majauleng dalam melakukan gerakan-gerakan motorik seperti melompat dan berjalan serta kesulitan dalam menyeimbangkan tubuhnya dengan berdiri satu kaki. Rumusan masalah dalam penelitiannya yaitu: “Bagaimanakah gambaran kemampuan motorik kasar anak kelompok B Taman Kanak-Kanak Dharma Wanita SMP Negeri 1 Majauleng sebelum dan sesudah diberikan perlakuan berupa kegiatan senam dan apakah ada pengaruh kegiatan senam terhadap kemampuan motorik kasar anak di Taman Kanak-kanak Dharma Wanita SMPN 1 Majauleng Kabupaten Wajo?” Adapun tujuan penelitian ini yaitu, “Untuk mengetahui gambaran kemampuan motorik kasar anak kelompok B Taman Kanak-Kanak Dharma Wanita SMP Negeri 1 Majauleng sebelum dan sesudah diberikan perlakuan berupa kegiatan senam dan untuk mengetahui pengaruh kegiatan senam terhadap kemampuan motorik kasar anak di Taman Kanak-kanak Dharma Wanita SMPN 1 Majauleng Kabupaten Wajo”. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen sederhana (pre-eksperimental designs) Adapun desain penelitiannya yaitu One-Group Pretest-Posttest Design dengan jumlah populasi penelitian 14 anak. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan melakukan melalui teknik observasi dan dokumentasi. Prosedur pengumpulan data yang dilakukan yaitu perencanaan, pemberian pretest, pemberian perlakuan (treatment), pemberian posttest dan analisis hasil. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik nonparametrik dengan menggunakan analisis uji beda Wilcoxon Signed Rank Test. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa kegiatan senam berpengaruh terhadap kemampuan motorik kasar anak di Taman Kanak-Kanak Dharma Wanita SMP Negeri 1 Majauleng. Hasil penelitian menunjuukkan bahwa nilai kemampuan motorik kasar anak pada posttest lebih tinggi dari nilai pretest. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji beda Wilcoxon menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kemampuan motorik kasar anak di Taman Kanak-Kanak Dharma Wanita SMP Negeri 1 Majauleng dengan menggunakan kegiatan senam.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 26 Jan 2023 06:50
Last Modified: 26 Jan 2023 06:50
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26814

Actions (login required)

View Item View Item