PENERAPAN METODE BERMAIN LEGO HURUF DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA ANAK KELOMPOK B TAMAN KANAK-KANAK KRISTEN HARAPAN KASIH KECAMATAN PANAKKUKANG KOTA MAKASSAR

YOHANA MANGESA (2023) PENERAPAN METODE BERMAIN LEGO HURUF DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA ANAK KELOMPOK B TAMAN KANAK-KANAK KRISTEN HARAPAN KASIH KECAMATAN PANAKKUKANG KOTA MAKASSAR.

[img] Text
1. SAMPUL 1 .docx

Download (37kB)
[img] Text
2. SAMPUL 2.doc

Download (200kB)
[img] Text
3. AWAL .docx

Download (37kB)
[img] Text
4. BAB 1-BAB V .docx

Download (133kB)
[img] Text
5. LAMPIRAN 1-5 .docx

Download (32kB)
[img] Text
6. LAMPIRAN RPPH 6-9.docx

Download (41kB)
[img] Text
7. LAMPIRAN SKENARIO 10-13 .docx

Download (20kB)
[img] Text
8. LAMPIRAN 14-20 .docx

Download (43kB)
[img] Text
11. DOKUMENTASI .docx

Download (1MB)
[img] Text
12. RIWAYAT PENULIS.doc

Download (89kB)

Abstract

Yohana Mangesa’.2016. Penerapan metode bermain lego huruf untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak kelompok B di Taman Kanak-Kanak Kristen Harapan Kasih Kecamatan Panakukang Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Syamsuardi, S.Pd, M.Pd dan Drs. H. Muhammad Anas, M.Si. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian adalah rendahnya hasil kemampuan membaca permulaan anak. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah penerapan metode bermain lego huruf dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak kelompok B di Taman Kanak-Kanak Kristen Harapan Kasih Kecamatan Panakukang Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode bermain lego huruf dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak kelompok B di Taman Kanak-Kanak Kristen Harapan Kasih Kecamatan Panakukang Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus disajikan dua kali pertemuan. Setiap siklus melalui 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan tahap refleksi. Fokus penelitian ini adalah penerapan metode bermain lego huruf dan kemampuan membaca permulaan anak. Pelaksanaan kegiatan ini, peneliti bertindak sebagai observer dan guru bertindak sebagai fasilitator atau pengajar. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Hasil observasi guru pada siklus I kategori cukup (C) dan siklus II berada pada kategori baik (B) sedangkan hasil observasi anak siklus I berada pada kategori kurang (K) dan siklus II berada pada kategori baik (B). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I hasil kemampuan membaca permulaan anak berada pada kategori cukup (C) terdapat 11 orang anak atau 61% termasuk dalam kategori tuntas dan 7 orang anak atau 39% yang termasuk dalam kategori tidak tuntas dan siklus II berada pada kategori sangat baik (SB) terdapat 15 orang anak dengan indicator keberhasilan 83% termasuk dalam kategori tuntas karena mampu melakukan semua indikator yang ingin dicapai dan 3 orang anak dengan indicator keberhasilan 17% termasuk dalam kategori tidak tuntas karena anak belum mampu melakukan semua indikator. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa penerapan metode bermain lego huruf dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak kelompok B Taman Kanak-kanak Kristen Harapan Kasih Kecamatan Panakukang Kota Makassar. Selanjutnya anak yang mengalami kesulitan atau belum tuntas diberi bimbingan sehingga mereka dapat mengetahui jenis huruf dalam permainan lego sesuai dengan yang diharapkan

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 26 Jan 2023 06:45
Last Modified: 26 Jan 2023 06:45
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26812

Actions (login required)

View Item View Item