PENGEMBANGAN MATERI AJAR SENI KRIYA TIGA DIMENSI UNTUK PEMBELAJARAN SENI BUDAYA (SENI RUPA) YANG VALID DI KELAS X SMK (SMAK) MAKASSAR

Reni Wahyuningsih, Sri (2022) PENGEMBANGAN MATERI AJAR SENI KRIYA TIGA DIMENSI UNTUK PEMBELAJARAN SENI BUDAYA (SENI RUPA) YANG VALID DI KELAS X SMK (SMAK) MAKASSAR. S1 thesis, Fakultas Seni dan Desain.

[img] Text
Artikel Sri Reni W - Sri Reni Wahyuningsih.pdf

Download (509kB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang bertujuan untuk membuat sebuah pengembangan bahan ajar untuk pembelajaran seni rupa, yang relevan dengan kurikulum materi atau bahan ajar seni budaya, dengan fokus penelitian materi ajar seni rupa kriya tiga dimensi, pada mata pelajaran seni budaya kelas X di SMK (SMAK) Makassar. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model pendekatan 4D (Four-D Model), dengan 4 tahapan yaitu: pendefinisian, perancangan, pengembangan, & penyebaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, dokumentasi, wawancara, dan studi pustaka. Data penelitian bersifat deskriktif dalam bentuk kualitatif, yang didapatkan dari instrumen teknik pengumpulan data, begitu juga dengan hasil penilaian oleh para ahli. Setelah semua data dikumpulkan, selanjutnya data diolah untuk dianalisis. karena keterbatasan waktu dan kondisi, penelitian dilakukan hanya sampai pada tahap ketiga yaitu tahap pengembangan dengan data penilaian oleh validator ahli media dan materi. Hasil penelitian ini adalah produk pengembangan dalam bentuk buku bahan ajar berjudul “Seni Kriya Tiga Dimensi”, untuk mata pelajaran Seni Budaya di kelas X di SMK (SMAK) Makassar. Hasil produk dari penelitian ini telah melewati tahap validasi serta direvisi sesuai saran dan masukan oleh para ahli, dan telah dinyatakan valid untuk digunakan, sehingga buku dapat dicetak.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan seni Rupa
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustaka FSD yayu
Date Deposited: 27 Jan 2023 07:26
Last Modified: 27 Jan 2023 07:26
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26811

Actions (login required)

View Item View Item