PENGGUNAAN PROPERTI DALAM PEMBELAJARAN TARI KREASI BARU UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DI SANGGAR CELEBES INDONESIA MAKASSAR

JAMAL, KHAERUNNISA (2022) PENGGUNAAN PROPERTI DALAM PEMBELAJARAN TARI KREASI BARU UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DI SANGGAR CELEBES INDONESIA MAKASSAR. S1 thesis, Fakultas Seni dan Desain.

[img] Text
ARTIKEL KHAERUNNISA JAMAL - Icha Jamal.pdf

Download (550kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Proses pembelajaran tari kreasi baru dengan menggunakan properti pada anggota sanggar Celebes Indonesia. 2) Hasil peningkatan anggota sanggar dalam pembelajaran tari kreasi baru dengan meggunakan properti. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yakni dimana hasil penelitiannya dalam bentuk deskripsi nyata objek penelitian. Objek dalam penelitian ini yaitu anggota Sanggar Celebes Indonesia yang masih aktif didalamnya. Metodepngumpulan data menggunakan teknik observasi, teknik wawancara, tes unjuk kerja dan teknik dokumentasi agar diperoleh data yang lebih akurat. Hasil penelitian ini diperoleh tentang: 1) Proses anggota sanggar untuk meningkatkan kreativitas dengan melalui tahapan kreativitas dan tahapan penggunaan properti. Dimana tahapan kreativitas ini mencakup, persiapan, inkubasi, pencerahan dan pelaksanaan. Sebelum peneliti melakukan tindakan, anggota sanggar tersebut mempunyai badan yang kaku dan kurang kreatif untuk mencipta gerak tari menggunakan properti pattapi’. Namun Setelah beberapa rangkaian kegiatan dilakukan, pada pertemuan akhirlah peningkatan mereka terlihat. 2) hasil analisis tes unjuk kerja anggota sanggar selama 4 tahapan meningkat. Dapat dilihat dari penilaian awal anggota Sanggar Celebes Indonesia mempunyai presentase kreativitas 20% menuju ke tahap persiapan dengan presentase 27,2% . Kemudian pada tahap inkubasi dengan presentase yang masih sama dengan tahapan persiapan yakni 27,2%. Pada tahapan pencerahan mengalami peningkatan yang cukup cepat dengan presentase 48,8%, dan yang terakhir pada tahap pelaksanaan merupakan ujung tombak peningkatan kretivitas anggota Sanggar Celebes Indonesia dengan presentase 68,8%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan sendratasik
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustaka FSD yayu
Date Deposited: 27 Jan 2023 07:26
Last Modified: 27 Jan 2023 07:26
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26810

Actions (login required)

View Item View Item