Pengaruh Metode Bercerita Dengan Media Gambar Terhadap Kemampuan Kosakata Anak Di Taman Kanak-Kanak Islam Al-Abrar Kota Makassar.

Asrita (2023) Pengaruh Metode Bercerita Dengan Media Gambar Terhadap Kemampuan Kosakata Anak Di Taman Kanak-Kanak Islam Al-Abrar Kota Makassar.

[img] Text
SKRIPSI.doc

Download (1MB)

Abstract

Asrita 2016. Pengaruh Metode Bercerita Dengan Media Gambar Terhadap Kemampuan Kosakata Anak Di Taman Kanak-Kanak Islam Al-Abrar Kota Makassar. Dibimbing oleh Azizah Amal, S.S, M.Pd dan Dra.Tatiana Meidina, M.Si. dan Syamsuardi, S.Pd, M.Pd Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kamampuan kosakata anak di Taman Kanak-Kanak Islam Al-Abrar Kota Makassar.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pengaruh metode bercerita dengan media gambar terhadap kemampuan kosakata anak. Apakah ada pengaruh metode bercerita dengan media gambar terhadap kemampuan kosakata anak .Berdasarkan rumusan masalah diatas, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kemampuan kosakata anak sebelum dan sesudah digunakan metode bercerita dengan media gambar. Untuk mengetahuai pengaruh metode bercerita dengan media gambar terhadap kemampuan kosakata anak. Penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan menggunakan jenis penelitian pre-eksperimen . Sampel penelitian ini berjumlah 25 orang anak. Indikator yang digunakan yaitu membaca beberapa kata berdasarkan gambar, tulisan dan benda yang dikenal atau dilihatnya, menjawab pertanyaan sederhana, menyusun kalimat sederhana dalam struktur lengkap (pokok kalimat-predikat-keterangan) dan melanjutkan sebagian cerita/dongeng yang telah didengarkan. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan uji non parametrik menggunakan uji beda Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan nilai rata-rata kemampuan kosakata anak sebelum diberi perlakukan yaitu sebesar 9,44 dan setelah diberikan perlakukan sebesar 13. Sedangkan pada uji non parametrik didapat nilai T hitung yang diperoleh yaitu sebesar 325 dan T tabel 89 maka diperoleh hasil T hitung (325) > nilai T tabel sebesar (89) maka Ho ditolak dan H1 diterima artinya ada pengaruh penggunaan metode bercerita dengan media gambar terhadap kemampuan kosakata anak Kelompok B Taman Kanak-kanak Islam Al-Abrar Kota Makassar, sedangkan nilai Z hitung yang diperoleh yaitu 4,4 dan Z tabel 1,645 maka diperoleh hasil nilai Z (4,4) > nilai Z tabel (1,645) maka Ho ditolak dan H1 diterima artinya ada pengaruh penggunaan metode bercerita dengan media gambar terhadap kemampuan kosakata terhadap anak Kelompok B Taman Kanak-kanak Islam Al-Abrar Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 26 Jan 2023 03:27
Last Modified: 26 Jan 2023 03:27
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26807

Actions (login required)

View Item View Item